Apa keuntungan dan kekurangan membagikan product roadmap anda kepada pengguna anda?

Product Roadmap memiliki peranan penting dalam pembangunan suatu produk terutama bagi pengguna dikarenakan mampu memberikan pemahaman mengenai nilai - nilai yang ada dalam suatu produk dan bagi pengembang produk dapat memperkirakan harapan - harapan pengguna mengenai arah pengembangan produk ke depannya.

Oleh karena itu, apa sajakah keuntungan dan kekurangan dalam menunjukkan product roadmap anda kepada pengguna anda?

Menurut Brian de Haaff, seorang CEO dari perusahaan Aha!, keuntungan dan kerugian membagikan product roadmap anda kepada pengguna anda sepenuhnya tergantung kepada pasar anda dan bagaimana anda berencana membagikan product roadmap anda.

Contohnya, pasar yang membutuhkan waktu bertahun-tahun dalam perencanaannya, maka feedback sangat diperlukan terutama untuk bekerja dengan para supplier. Namun bagi pasar yang lebih bersifat transaksional, maka membagikan product roadmap tidaklah terlalu penting.

Namun dari kedua contoh tersebut, satu keuntungan utama adalah tanggungjawab organisasional dan fokus kepada pelanggan. Menampilkan roadmap yang berarti kepada pelanggan dapat memotivasi rasa tekun secara internal sehingga memastikan tim membangun hanya hal - hal yang penting saja.

Referensi