Apa Keuntungan Bagi Orang yang Berkomunikasi dengan Baik di Tempat Kerja?

komunikasi kerja

Komunikasi merupakan salah satu faktor yang penting di dunia kerja. Komunikasi yang efektive akan terlaksana jika kedua belah pihak yang berkomunikasi memiliki makna yang sama tentang pesan yang disampaikan.

Apa keuntungan bagi orang yang berkomunikasi dengan baik di tempat kerja?

Ada beberapa keuntungan yang dapat kita ambil dari komunikasi yang efektive.

  1. Meningkatkan produktivitas
    Komunikasi akan mempemudah koordinasi, sehingga dengan komunikasi yang efektif biasanya para employees akan menjadi semakin produktif. Produktifitas yang baik, pada akhirnya akan menguntungkan bagi organisasi.

  2. Meningkatkan kepuasan kerja karyawan
    Kepuasan kerja karyawan itu tidak hanya dilihat dari seberapa besar gaji yang mereka dapatkan di tempat kerja. Namun dengan komunikasi yang baik, karyawan tentu akan semakin betah bekerja di perusahaan tersebut. Tidak hanya itu saja, karyawan juga akan semakin engage dengan organisasi tempat mereka bernaung.

  3. Merangkul keragaman dan toleransi
    Dengan beragamnya bahasa serta kebudayaan, tentu dibutuhkan komunikasi yang efektif agar para karyaan bisa saling memahami satu sama lainnya. Komunikasi yang efektif juga akan membuat para karyawan menjadi semakin mengahargai perbedaan yang ada, sehingga tercipta suasana kerja yang nyaman.

  4. Membangun tim yang produktif
    Koordinasi kerja yang lancar, suasana kerja yang nyaman, serta karyawan yang semakin menghargai satu sama lainnya, akan memudahkan membangun tim kerja yang baik. Ini membuktikan bahwa dengan memahami serta mempraktekkan komunikasi yang efektif, organisasi akan semakin berkembang (YS).

  5. Pesan sampai dengan tepat
    Komunikasi yang baik menjamin adanya pertukaran pikiran dan pandangan yang benar sehingga tidak terjadi kebingungan. Jika sebuah hal tidak dikomunikasikan dengan baik, maka orang akan sulit mengerti. Jika dibiarkan, masalah pun akan timbul sebagai dampaknya.
    Pada tahap awal kehidupan, seorang anak akan diajarkan dan belajar banyak hal dari orang lain. Berkomunikasi dengan mereka lewat perkataan dan tindakan yang baik, dapat memberikan kesan yang dalam pada mereka. Selain itu, mereka juga dapat tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik.