Apa keunikan dari seni lukis kaca khas cirebon?

Lukisan kaca merupakan kerajinan tangan khas Cirebon yang mulai dikenal sejak abad 16 Masehi. Awal mula lukisan kaca merambah Cirebon dibawa oleh pedagang Cina yang singgah ke Cirebon. motif – motifnya tidak jauh dari pengaruh kebudayaan Cina dan seiring dengan perkembangan jaman lebih bervariasi. Bahkan kerajinan tangan ini juga dimanfaatkan sebagai media penyebaran agama islam dengan tema lukisan kaca yang saat ini banyak bernafaskan islam.

Keunikan Seni Lukis Kaca

Sekilas, lukisan kaca khas Cirebon mungkin tampak seperti lukisan yang dibingkai dan dilapisi kaca biasa. Padahal, lukisan ini justru dilukis di atas kaca.

Berbeda dengan pelukis kaca dari Jateng (Solo) yang biasa melukis di atas kaca dari depan dan mengandaikan kaca layaknya kanvas. Pelukis kaca dari Cirebon justru melukis kaca dari belakang.

Menggunakan teknik lukis terbalik dengan mechanical pen. Lukisan ini memang unik dan membutuhkan keahlian tersendiri. Cat yang digunakan untuk melukis di kaca ini sama seperti cat untuk melukis di media kanvas.

Pelukis kaca ini menempatkan semacam kayu panjang di antara lukisannya. Untuk menyangga tangannya agar tidak menyentuh lukisan yang baru dipoles.