Apa saja kesamaan sistem dari ideolologi terbuka dan tertutup di Indonesia?

ideolologi

Apa kesamaan sistem dari ideolologi terbuka dan tertutup di Indonesia?

Tetap Menggunakan Nilai-Nilai Pancasila
Selama masa Indonesia merdeka, berbagai perubahan pemerintahan, dan berbagai perubahan dalam melaksanakann konstitusi, nilai-nilai Pancasila tetap dipegang teguh oleh masyarakat. Sementara dalam pemerintahan, tidak dilaksanakan sepenuhnya. Terlihat dari berkembangnya korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Dasar Negara Pancasila
Pancasila tetap diakui sebagai dasar negara. Dalam setiap pembicaraan, dilaksanakan secara murni dan konsekuen, meski kenyataannya tidak terjadi. Bahkan banyak hak-hak asasi dilanggar.

Presiden
Indonesia menganut sistem presidensil. Ideologi terbuka atau tertutup yang dijadikan pedoman, Indonesia tidak pernah mengubahnya secara resmi.

Tujuan Mencapai Pembangunan Nasional
Yang terpenting dari pelaksanaan ideologi terbuka atau tertutup di Indonesia, tujuannya masih sama. Tujuan pembangunan nasional yang terdapat pada pokok pikiran dalam pembukaan UUD 1945.

Bukan Ideologi Liberal dan Komunis
Ketika Indonesia merdeka sampai saat ini, tujuan pembangunan nasional memang belum tercapai. Pengalaman dari masa lalu, ideologi dapat berubah sifat dan cara pandang. Tergantung siapa pemimpin dan apa partai yang berkuasa. Indonesia tidak pernah menganut paham komunisme dan liberalisme.