Apa Kesalahan Seputar Riasan Pipi yang Biasa Dilakukan Pemula

Blush, bronzer, dan contour merupakan 3 jenis produk riasan pipi yang biasa digunakan untuk membuat tampilan wajah menjadi lebih berdimensi. Teknik yang awalnya hanya digunakan oleh para model dan selebriti di kamera dan televisi ini semakin populer dalam beberapa tahun belakangan menjadi hal yang umum digunakan sehari-hari oleh pecinta makeup. Bagi para pemula, kesalahan apa saja yang biasanya dilakukan?

image

Contouring

  • Menggunakan Warna yang Terlalu Gelap. Godaan punya pipi chubby adalah menggunakan warna kontur yang sangat gelap dengan harapan hal tersebut dapat membuat pipi menjadi lebih tirus. Namun, layaknya foundation, Anda pun sebaiknya memilih contour kit yang sesuai dengan warna kulit Anda. Warna yang terlalu gelap akan membuat hasil kontur menjadi tidak natural dan over-sculpted. Cukup gunakan warna contour 1-2 shade lebih gelap dari warna foundation Anda.

  • Menggunakan Bronzer untuk Contouring. Meskipun memiliki warna produk yang serupa, bronzer dan contour powder adalah produk yang berbeda. Bronzer memiliki warna yang lebih warm, sedangkan contour memilki warna yang cool. Jika Anda menggunakan bronzer pada area tulang pipi, area tersebut justru akan semakin terlihat.

  • Menggunakan Brush yang Tidak Sesuai. Saat memilih brush untuk contouring, pilihlah brush dengan ukuran medium, angled, dan tidak terlalu padat. Jika Anda menggunakan brush yang terlalu padat, brush akan mengambil terlalu banyak produk dan membuat hasil countouring menjadi tidak natural dan bisa jadi sulit untuk dibaurkan.

Blush

  • Pengaplikasian yang Kurang Sesuai dengan Bentuk Wajah. Bentuk wajah merupakan salah satu faktor yang menentukan cara Anda mengaplikasikan blush. Pengaplikasian blush pada wajah yang kotak, tentu akan berbeda dengan pengaplikasian blush pada wajah bulat. Coba cari tahu lebih lanjut mengenai pengaplikasian blush on sesuai dengan bentuk wajah di sini.

  • Memilih Formula yang Kurang Tepat. Selain pemilihan warna, pemilihan formula dari blush yang Anda gunakan juga tak kalah penting. Untuk kulit kering, Anda bisa menggunakan cream blush agar hasilnya terlihat lebih natural dan gampang untuk dibaurkan. Sedangkan untuk kulit berminyak, Anda bisa menggunakan powder blush agar warnanya lebih tahan lama. Selain itu, sesuaikan juga formula blush yang digunakan dengan formula produk face makeup lainnya.

  • Tidak Membaurkan dengan Baik. Secantik apapun warna blush yang Anda gunakan, akan sia-sia jadinya bila Anda tidak berhasil membaurkannya dengan baik. Pastikan Anda telah melembapkan wajah dengan baik karena blush akan menempel pada area wajah kering dan mengakibatkan patchy. Selain itu, pilih tools yang sesuai untuk membaurkan blush pada wajah. Bisa menggunakan blush brush atau sponge makeup.

Sumber:
https://journal.sociolla.com/beauty/kesalahan-seputar-riasan-pipi-yang-biasa-dilakukan-pemula/