Apa kendala yang sering di alami pada jaringan komputer?

Dalam penggunaan jaringan komputer memungkinkan terjadinya kendala yang di alami baik kendala tersebut dari faktor intenal maupun eksternal. Menurut Anda, apa kendala yang Anda alami saat menggunakannya atau saat tidak menggunakannya?

Berikut adalah masalah-masalah yang sering terjadi pada sebuah jaringan komputer :

  1. Komponen Jaringan Tidak Berfungsi atau Mati
    Mati atau tidak berfungsinya komponen jaringan disebabkan oleh kurangnya perawatan sehingga mengakibatkan berkarat dan rusak. Ruang yang lembab dan pemakaian yang sudah terlalu lama tanpa ada perawatan secara berkala menjadi penyebab utama terjadinya kerusakan pada komponen jaringan.

  2. Kerusakan Pada Kabel dan Konektor Jaringan
    Kabel dan konektor merupakan media penghubung yang sangat penting dalam jaringan komputer, sebuah jaringan tidak akan bisa berjalan tanpa adanya kabel dan konektor. Kabel dan konektor dibutuhkan untuk menghubungkan antara komputer dengan komputer lain atau dengan peralatan lain yang digunakan untuk membentuk jaringan.

  3. Gangguan Pada Switch
    Switch merupakan terminal atau pembagi signal data bagi kartu jaringan. Jika Switch mengalami kerusakan maka seluruh jaringan tidak dapat berfungsi untuk berkomunikasi antar klien dengan klien maupun klien dengan server. Apabila terjadi kerusakan pada Switch dapat dilihat pada lampu indikator power dan lampu indikator untuk masing masing workstation. Apabila lampu indikator power Switch mati kemungkinan besar terjadi kerusakan pada Switch.

  4. Lambatnya Koneksi Internet
    Dalam suatu jaringan yang sangat besar, membuat kinerja yang efisien merupakan suatu keharusan. Jika design infrastruktur jaringan tidak efisien, maka aplikasi atau akses ke resource jaringan pun menjadi tidak efisien dan terasa sangat lambat. Performa jaringan yang sangat lambat biasanya disebabkan oleh congestion jaringan (banjir paket pada jaringan), dimana traffic data melebihi dari kapasitas bandwidth yang ada sekarang.

  5. Kerusakan Jaringan Karena Serangan Virus
    Jika jaringan anda terinfeksi virus trojan yang menyebabkan system anda dibanjiri oleh program-program berbahaya, maka jaringan akan mengalami suatu congestion yang mengarah pada kelambatan system jaringan anda, dan terkadang bisa menghentikan layanan jaringan. Untuk mencegah serang virus, anda perlu menggunakan proteksi jaringan yang sangat kuat untuk melindungi dari serangan Trojan dan berbagai macam serangan lainnya

wsus-diagram

1. Kegagalan Komponen Jaringan
Apabila suatu kabel jaringan terputus maka kinerja suatu komputer akan terganggu, misalnya kabel patch yang digigit oleh tikus. Pemakaian yang lama tanpa diiringi perawatan juga merupakan salah satu akibat rusaknya kabel jaringan. Putusnya kabel antar switch akan berdampak signifikan semisal pada satu blok gedung. Dalam LAN, kegagalan ini juga akan mengakibatkan kegagalan backbone cable.

2. Kerusakan pada Kabel dan Konektor Jaringan
Kabel dan konektor merupakan komponen yang penting untuk penghubung komputer satu dengan komputer lain. Jika terjadi kerusakan, kita dapat memastikan terlebih dahulu apakah kabel tersebut rusak keseluruhan atau tidak. Jika rusak keseluruhan maka kita harus mengganti kabel dan konektornya tetapi jika hanya konektor saja yang rusak cukup konektornya saja yang diganti.

3. Gangguan atau Kerusakan pada Switch
Switch bertugas sebagai pembagi signal data bagi kartu jaringan. Kerusakan pada switch dapat dilihat dari lampu indikator power dan pada masing-masing workstation. Jika lampu indikator power switch mati maka kemungkinan kerusakan terjadi pada switch. Jika lampu indikator tidak menyala hanya pada satu workstation hal tersebut bisa menyatakan bahwa komputer workstation tidak menyala atau mengalami gangguan.

4. Koneksi Internet Lambat
Saat terjadi gangguan koneksi internet dapat disebabkan wireless yang melemah karena instalasi wireless yang bermasalah. Adapun aktifitas client-client yang mendowload dan bisa disebabkan juga upload malware yang menghabiskan bandwidth sehingga komputer anda melambat.

5. Jaringan Terkena Virus
Kegagalan ini bukan merupakan kesalahan infrastruktur fisik. Akan tetapi, sistem jaringan akan kebanjiran traffic dari pengaruh virus yang menyerang sistem server dan menyebar ke semua komputer dalam jaringan. Tentunya untuk mencegah hal tersebut kita dapat mengimplementasikan pertahanan sistem yang kebal.

6. Komputer Tidak Terdeteksi oleh Komputer Lain
Hal ini dikarenakan IP Address yang kosong sehingga kita harus mengganti IP Address agar terdeteksi oleh komputer lain.

Sumber :
https://instalasi-jaringan.com/masalah-yang-sering-terjadi-pada-jaringan-komputer/
https://www.netsprogram.com/tipsdetail-52-masalah-jaringan-komputer-dan-solusinya.html

Dalam sistem jaringan komputer banyak sekali terdapat hambatan atau kendala yang menyebabkan jaringan tidak bekerja sebagaian maupun total. Terdapat istilah “Down” dalam jaringan komputer yang berarti sebagian atau seluruh jaringan komputer tersebut sedang terganggu dan dalam kondisi down atau tidak bekerja secara maksimal. Down dapat meyebabkan komunikasi dalam jaringan menjadi lambat atau tidak bekerja sama sekali. Kondisi tersebut yang perlu ditangani sehingga jaringan dapat bekerja dengan baik dan kembali normal.

Masalah Jaringan

Ada beberapa kendala atau hambatan yang sering dialami pada jaringan komputer, antara lain :

  1. Gangguan atau kerusakan pada Hub/Switch
    Hub/switch merupakan terminal atau pembagi signal data bagi kartu jaringan (Network Card). Jika Hub mengalami kerusakan berarti seluruh jaringan juga tidak dapat berfungsi. Apabila terjadi kerusakan pada Hub dapat dilihat pada lampu indikator power dan lampu indikator untuk masing masing workstation. Apabila lampu indikator power Hub/switch mati berarti kemungkinan besar Hub tersebut rusak. Jika ada lampu indikator workstation yang tidak menyala menyatakan bahwa komputer workstation sedang tidak aktif (tidak hidup) atau ada gangguan pada komputer workstation tersebut.
    Jika terjadi kerusakan pada Hub maka kita harus melihat apakah Hub yang kita gunakan memang sudah rusak atau hanya mengalami gangguan saja, jika Hub yang kita gunakan memang benar-benar pasitif rusak maka kita perlu menggantinya dengan Hub yang baru atau dapat diperbaiki ditempat service khusus

  2. Tidak bisa sharing data
    Hal ini sering terjadi dikarenakan sharing pada komputer masih di disable jadi kita harus mengaktifkan sendiri. Selain itu mungkin sedang terjadi hang pada komputer sehingga kita harus merestartnya. Hal ini juga sering terjadi karena IP yang kita gunakan salah atau sama dengan IP komputer lainnya, maka hal yang harus kita lakukan adalah mengganti dengan IP yang beda.

  3. Tidak muncul Local Area Connection
    Hal ini terjadi kemungkinan besar karena kita lupa untuk mengisntal driver Network Adapter, maka yang harus dilakukan adalah menginstal Driver Network Adapter.

  4. Kerusakan pada beberapa piranti
    Skala gangguan akibat dari kegagalan piranti jaringan juga bisa bervariasi, dari hanya sebuah komputer karena kegagalan NIC – lan card, skala menengah pada beberapa komputer karena kegagalan switch, atau bahkan berskala luas karena kegagalan pada switch central yang menghubungkan jaringan server. Untuk kegagalan lan card di salah satu komputer bisa diganti dengan network card cadangan.

  5. Masalah jaringan karena kegagalan sistem
    Kegagalan system bisa saja karena ada masalah dengan DHCP server sehingga clients tidak menerima IP address. Atau bisa saja karena ada masalah dengan system Directory Services sehingga clients tidak bisa masuk ke jaringan. Atau bisa saja karena ada masalah dengan register nama pada system DNS.

  6. Koneksi putus-putus
    Kendala ini bisa diakibatkan karena kualitas Jaringan telepon menurun, suara telepon bergemuruh atau terdapat dengung. Hal yang harus kita lakukan adalah mengecek perkabelan jaringan mulai dari KTB sampai Modem, jika tidak membantu maka lapor ke provider jaringan telekomunikasi yang digunakan.

Referensi :
https://www.netsprogram.com/tipsdetail-52-masalah-jaringan-komputer-dan-solusinya.html

Sumber Gambar :

Kendala yang sering di alami pada jaringan komputer

  1. Komponen Jaringan Tidak Berfungsi atau Mati
    Hal ini seringkali terjadi karena perawatan yang kurang baik sehingga mengakibatkan jaringan berkarat dan rusak. Kondisi ruangan yang lembab dan juga penggunaan jaringan yang sudah cukup lama menjadi penyebab utama adanya kerusakan pada komponen pada jaringan. Oleh karena itu perawatan jaringan sangatlah penting dilakukan agar kondisi komponen jaringan tetap terjaga.

  2. Kerusakan Pada Kabel dan Konektor Jaringan
    Kabel dan konektor diperlukan sebagai penghubung antar komputer atau antara komputer dengan peralatan lain. Masalah ini bisa berdampak pada satu blok gedung hingga pada sebagian besar komputer dalam jaringan lan karena kegagalan backbone cable.

  3. Gangguan Pada Switch
    Saat switch mengalami kerusakan, seluruh jaringan tidak dapat berfungsi. Komunikasi antar klien dengan klien maupun klien dengan server tidak dapat dijalankan lagi. Kerusakan pada switch dapat dilihat dari lampu indikator power dan lampu indikator untuk masing-masing workstatio yang mati.

  4. Lambatnya Koneksi Internet
    Dengan lambatnya koneksi Internet, akses jaringan ke resource akan menjadi tidak efisien. Hal ini bisa disebabkan congestion jaringan dimana traffic data akan melebihi kapasitan bandwidth yang tersedia.

  5. Kerusakan Jaringan Karena Serangan Virus
    Masalah yang terjadi akibat serangan virus tidak menyebabkan kegagalan infrastruktur jaringan fisik. Ketika virus menyerang sistem server dan menulari semua komputer dalam jaringan, traffic akan terbanjiri.

Sumber:


https://instalasi-jaringan.com/masalah-yang-sering-terjadi-pada-jaringan-komputer/