Apa kendala paling utama untuk mengembalikan kejayaan permainan tradisional?

Saat ini banyak sekali upaya yang dilakukan berbagai pihak untuk melestarikan permainan tradisional. Namun sepertinya upaya tersebut sangatlah sulit untuk dilakukan. Jadi apa sih menurutmu kendala utama kita untuk mengangkat kembali eksistensi permainan tradisional?

Kendala internal dan eksternal bangsa. Internalnya adalah kita tidak pernah punya semnagat untuk melestarikan sehingga, tidak ada satupun program pemerintah untuk ikut melestarika kebudayaan kita. Faktor kedua adalah eksternal dimana, arus globalisasi sangat kuat dan memicu masuknya permainan modern yang membuat anak-anak kita cenderung memainkan permainan dari bangsa lain yang mungkin kita anggap lebih maju dan modern.

Kendala paling utama untuk mengembalikan kejayaan permainan tradisional menurut saya yaitu lingkungan. Karena jika lingkungan kita pasif atau dapat dikatakan tidak mendukung adanya pelestarian permainan tradisional itu akan membuat kita atau orang lain pun tidak memiliki semangat atau kesadaran untuk melestarikan permainan tradisional.

Contohnya, pada perayaan 17 Agustus sudah tidak memiliki atmosfer yang seramai dulu.