Apa kelebihan perusahaan yang menerapkan plan schedule management dalam mengerjakan proyek ?

Mengatur penjadwalan terhadap suatu proyek dapat berpengaruh pada proses pengembangan, pemeliharaan dan komunikasi yang ada untuk sumber daya dan waktu sekalipun. Namun dapat pula sebaliknya tidak mempengaruhi apapun yang terjadi pada sumber daya ataupun waktu pembangunan suatu proyek.

Apa kelebihan perusahaan yang menerapkan plan schedule management dalam mengerjakan proyek ?

Plan Schedule Management merupakan suatu aturan atau pedoman yang akan memberikan arahan terhadap suatu proyek yang terdapat di dalamnya suatu penjadwalan yang teratur sehingga proyek tersebut dapat dengan mudah di monitor ataupun di kontrol. Dalam penjadwalan tersebut, terdapat sub pekerjaan yang dapat dilakukan dalam periode waktu tertentu dan suatu bagian yang menjadi aspek-aspek pertimbangan seperti terbatasnya sumber daya dan memperkirakan aspek-aspek ketidakpastian lainnya.

Dari hal tersebut, dapat dikatakan bahwa penjadwalan suatu proyek yang dikerjakan pada suatu perusahaan dapat dilakukan dengan teratur seperti penjadwalan proyek dibuat sesuai dengan stakeholder yang ikut andil dalam proses perencanaan penjadwalan tersebut. Perusahaan yang menerapkan Plan Schedule Management dapat lebih baik daripada perusahaan yang tidak menerapkan metode tersebut, sebab terdapat beberapa proses-proses yang direncanakan sehingga proyek yang dikerjakan dapat diselesaikan dengan baik dan teratur.

Berikut ini beberapa kelebihan yang dapat terjadi ketika suatu perusahaan menerapkan Plan Schedule Management.

  1. Metodologi scheduling dan scheduling software
  2. Membentuk garis besar dalam scheduling/penjadwalan
  3. Menjelaskan batasan kerja untuk mengidentifikasi penjadwalan lebih awal
  4. Merencanakan berbagai variasi jadwal
  5. Identifikasi prosedur atau aturan pada perubahan jadwal lebih baik

Perusahaan yang menerapkan plan schedule managemen tentunya memiliki berbagai kelebihan dibanding dengan perusahaan yang tidak menerapkannya. Seperti dalam segi pencapaian target, karena dengan adanya manajemen penjadwalan, perusahaan dapat melakukan strategi dan timeline waktu dengan tepat sehingga target produk dapat tercapai dengan tepat waktu.

Referensi :