Apa kelebihan dari Quality Function Deployment (QFD)?


QFD adalah suatu metodologi untuk menterjemahkan kebutuhan dan keinginan konsumen ke dalam suatu rancangan produk yang memiliki persyaratan teknik dan karakteristik kualitas tertentu. (Akao, 1990; Urban Hauser, 1993).

Dalam lingkungan yang kompetitif saat ini, kualitas adalah persyaratan yang diharapkan pelanggan. QFD adalah aspek penting dari kebijakan pengendalian mutu suatu organisasi. Ini adalah proses untuk menerjemahkan persyaratan pelanggan menjadi standar manufaktur. QFD digunakan untuk pengembangan produk baru.

Kelebihan menggunakan Quality Function Deployment (QFD):

  1. Customer driven: Fokusnya adalah pada keinginan pelanggan, bukan apa yang perusahaan pikir diinginkan oleh pelanggan. " Voice of the Customer" mendorong proses pengembangan.
  2. Competitive analysis: Produk lain di pasar diperiksa, dan produk perusahaan dinilai terhadap persaingan.
  3. Reduced development time: Kemungkinan perubahan desain berkurang karena proses QFD berfokus pada peningkatan yang harus dilakukan untuk memenuhi persyaratan pelanggan utama. Perhatian yang cermat terhadap kebutuhan pelanggan mengurangi risiko bahwa perubahan akan dibutuhkan di akhir siklus hidup proyek. Waktu tidak dihabiskan untuk mengembangkan fungsi dan fitur yang tidak penting.
  4. Reduced development costs: Identifikasi perubahan yang diperlukan terjadi pada awal siklus hidup proyek. Meminimalkan perubahan setelah produksi mengurangi biaya garansi dan biaya dukungan produk.
  5. Documentation: Basis pengetahuan dibangun ketika proses QFD diimplementasikan. Catatan historis dari proses pengambilan keputusan dikembangkan.
  6. QFD membantu Anda untuk:
    • Terjemahkan kebutuhan pelanggan ke spesifikasi penawaran khusus
    • Prioritaskan spesifikasi penawaran yang mungkin dan buat keputusan trade-off berdasarkan kebutuhan pelanggan tertimbang dan peringkat penilaian kompetitif
  7. Meningkatkan kerja tim.
Referensi

https://bizfluent.com/info-8684703-advantages-quality-function-deployment.html
https://it.toolbox.com/blogs/craigborysowich/benefits-of-using-qfd-120406
https://medium.com/@masterofproject/what-is-quality-function-deployment-qfd-and-why-do-we-use-it-ef1e97f1dc01