Apa kelebihan dari membuat perencanaan produk roadmap?

Roadmap yang bagus dimulai dengan visi produk yang jelas yang dapat menjelaskan pelanggan dan kekuatan pasar yang akan membentuk arah produk. Dengan ini disebut rencana sebagai strategi yang memiliki banyak komponen yang meliputi: kebutuhan pelanggan, ukuran pasar, kekuatan perusahaan, saluran penjualan, posisi, persaingan, mitra, dll. Dengan mengembangkan roadmap apa kelebihan dari perencanaan produk roadmap tersebut?

Strategi produk dan roadmap membantu tim produk memahami masa depan aplikasi perangkat lunak, karena ratusan keputusan perlu dibuat secara arsitektur yang bergantung pada penggunaan di masa mendatang. Ini juga membantu penjualan dan pemasaran yang mengkomunikasikan visi dari aplikasi perangkat lunak kepada pelanggan. Produk roadmap adalah langkah penting dalam proses pengembangan perangkat lunak Agile. Dengan menggunakan alat pembuatan roadmap seperti Aha !, kita dapat melihat representasi visual mendalam dari visi dan sasaran untuk aplikasi perangkat lunak di masa mendatang.

Kelebihan dari perencanaan produk roadmap

  1. Kolaborasi dan komunikasi

Tidak ada yang dapat menggantikan manfaat berkolaborasi dan berkomunikasi saat merencanakan produk roadmap yang dibuat. Anda mendapatkan pandangan yang beragam dan masukan dari berbagai individu untuk membantu menciptakan produk yang lebih utuh. Dan dapat mengomunikasikan strategi yang dimiliki di seluruh organisasi anda dan bahkan di luar ke vendor, klien, dan orang lain yang berkaitan dengan saham anda didalam produk. Kolaborasi dan komunikasi adalah elemen kunci untuk setiap produk, dan khususnya produk roadmap ini. Meskipun tidak dapat menjamin keberhasilan produk karena berbagai alasan, anda dapat menjamin kegagalannya jika anda belum berkolaborasi dan berkomunikasi tentang perencanaannya.

  1. Sejajarkan produk dengan strategi perusahaan

Produk roadmap terbaik memiliki strategi korporasi sebagai acuannya. Ketika mencoba untuk menyelaraskan produk ke strategi atau tujuan perusahaan, dapat dengan menempatkan visi perusahaan di garis depan produk kita. Kemudian semua orang akan bekerja menuju tujuan yang dapat mendatangkan kesuksesan dalam mendukung visi perusahaan anda untuk masa yang mendatang

  1. Sederhanakan backlog produk

Gunakan waktu perencanaan dalam produk roadmap untuk mencari backlog dari produk anda. Analisis setiap item dalam daftar untuk melihat apakah itu masih valid dan tetap selaras dengan visi dan strategi perusahaan anda. Mengelola dan membersihkan backlog dari hal yang tidak penting atau tugas yang ketinggalan jaman. Selalu dapat menambah dan menghapus fitur. Ini membuat anggota tim tetap fleksibel dan siap untuk berubah.

Notes:
Bagikan produk roadmap anda lebih awal dan sering. Cukup fleksibel untuk menerima perubahan dengan cepat, dan gunakan roadmap untuk membantu memandu dalam menuju penyelesaian produk yang sukses. Dan jangan lupa perencanaan produk roadmap memiliki tempat yang beragam.

Sumber:


https://www.aha.io/roadmapping/guide/product-roadmap/what-is-a-product-roadmap
https://developer.epages.com/blog/methods-and-tools/roadmap-process/