Apa kelebihan dari aplikasi web atau web application?


(rvl prime) #1

image

Selain mobile application, ada lagi sebuah aplikasi yang berbasis web yang memiliki kelebihan tersendiri daripada mobile application.

Apa kelebihan dari web application?


(Ghifary Maulana Fanony) #2

Kelebihan web application menurut saya ada pada pengaplikasiannya bisa dibanyak gadget. Web application dapat diakses di banyak macam gadget seperti handphone, laptop, tab, maupun PC. Hal ini merupakan nilai plus yang besar untuk web application. Dengan bisa diakses di banyak gadget, kita dapat melanjutkan tugas yang kita lakukan dilaptop dengan menggunakan gadget lain seperti handphone. Hal ini tentu sangat membantu untuk orang-orang yang sibuk dalam melakukan pekerjaan. Mereka bisa membuka web application di gadget mana saja.

Kelebihan lain dari web application adalah penyimpanan yang unlimited dengan tidak membutuhkan memori disebuah gadget seperti harddisk di pc. Kelebihan ini tentu sangat bermanfaat mengingat kebutuhan akan penyimpanan data yang digunakan orang pada masa kini sangatlah banyak. Web applicaation menjadi solusi yang bagus untuk penyimpanan data dengan ukuran yang besar.

Web application juga mempunyai kelebihan jaringan yang luas. Web application dapat terhubung dengan semua orang diseluruh dunia dengan koneksi internet yang mencakup seluruh dunia. Dengan banyaknya informasi dalam internet tentu menjadi kelebihan tersendiri untuk web application dalam penggunaannya.

Jadi kelebihan web aplikasi adalah :

  1. Dapat diakses dibanyak macam gadget
  2. Memori penyimpanan unlimited
  3. Terkoneksi dengan internet memudahkan komunikasi
  4. Sumber informasi luas

(Fariz Arianto) #3

Web application adalah suatu aplikasi yang diakses menggunakan web browser melalui suatu jaringan seperti internet atau intranet. Terdapat beberapa kelebihan yang menyebabkannya menjadi pesaing dari mobile application atau desktop application dalam menjadi trendsetter di masa depan.

Berikut adalah kelebihan dari web application.

  1. Mudah di update.
    Sangat berbeda dengan aplikasi berbasis desktop atau mobile yang ketika ada pembaharuan atau update, pengguna diharuskan untuk mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut. Sedangkan aplikasi berbasis web hanya perlu di-update di satu tempat yaitu di server dan kemudian setiap user akan mendapatkan update yang sama. Hal ini tentu saja bisa menghemat waktu dan biaya penggunanya.

  2. Bisa diakses di berbagai macam perangkat.
    Web application bisa diakses lewat berbagai macam perangkat dimana saja dan kapan saja, asalkan perangkat tersebut tersambung dengan internet.

  3. Lebih aman.
    Perangkat lunak berbasis desktop atau mobile cenderung jarang di-update sehingga rentan terhadap berbagai masalah dan keamanan. Contoh, jika sebuah perangkat terkena virus, maka bisa jadi aplikasi desktop atau mobile tersebut juga akan terpengaruh. Sedangkan aplikasi berbasis web yang tersimpan di dalam server, jika terdapat bug atau kerusakan akan lebih mudah diperbaiki hanya dari satu tempat.

  4. Lebih murah dan lebih awet.
    Ketika akan menginstal dan menggunakan perangkat lunak berbasis mobile atau desktop, maka harus mempertimbangkan kekuatan perangkat yang menjalankannya. Kadang-kadang, pembaharuan menyebabkan aplikasi tersebut menuntut perbaikan atau peningkatan kemampuan hardware. Tentu saja hal tersebut akan memakan biaya yang sangat besar. Berbanding terbalik dengan penggunaan aplikasi web yang cenderung bisa digunakan oleh hampir semua perangkat yang menyertakan browser. Hal tersebut karena aplikasi berbasis web cenderung jauh lebih ringan dibandingkan dengan aplikasi berbasis desktop dan mobile.


(Tevepedia) #4

Web Apps artinya program/aplikasi yg berjalan diweb, artinya melalui browser. Kelebihannya, tidak perlu install program, kamu punya browser, buka alamat web aplikasinya dan terus tinggal pakai deh.

Simple, dan utamanya dapat diakses dari mana saja selama ada jaringan komputer atau internet.