Apa kelebihan dari aplikasi perangkat bergerak atau mobile application?

Banyak kemudahan yang bisa didapatkan dengan aplikasi mobile application karena sudah banyak yang mengembangkan mobile application.

Apa kelebihan dari mobile application?

Kelebihan mobile application menurut saya ada pada kemudahan dan kepraktisan dalam penggunaannya. Dengan sudah didownloadnya aplikasi pada gadget masing-masing, pengguna tinggal membuka aplikasi dalam gadget masing-masing tanpa harus memasukkan url. Pengguna juga dapat mengakses dengan bebas aplikasi yang digunakan. Pengguna bisa langsung terhubung dengan fitur gadget seperti kamera, speaker dan fitur lainnya. Terhubungnya aplikasi dengan banyak fitur membuat pengguna lebih nyaman dalam menjalankan aplikasi mobile.

Kelebihan lain dari aplikasi mobile adalah tidak membutuhkan koneksi internet sesudah didownload untuk beberapa aplikasi. Tentu saja ini sangat menguntungkan bagi pengguna yang berada didaerah yang tidak terkoneksi dengan internet. Meskipun pengguna berada didaerah yang terkoneksi dengan internet, belum tentu koneksi internet berjalan dengan lancar. Kelebihan ini tentu menjadi nilai lebih yang besar untuk mobile application.

Jadi kelebihan mobile application adalah:

  1. Mudah dalam pemakaian
  2. Tidak memerlukan koneksi internet (beberapa aplikasi)
  3. Terkoneksi dengan gadget masing-masing
  4. Dapat diakses dimana saja selama ada gadget

Sebelum membicarakan mengenai kelebihan dari mobile application, mari kita mencari tahu pengertian dari mobile application yang akan menjadi pesaing dari web application dalam menjadi trendsetter di masa mendatang.

Mobile application atau yang sering disebut mobile apps ini adalah aplikasi yang dibuat untuk smartphone atau tablet yang mengharuskan penggunanya untuk mengunduh dan menginstal melalui toko aplikasi terlebih dahulu seperti Apple App Store, Google Play Store, atau Blackberry App sebelum mengoperasikannya. Mobile apps tersedia untuk digunakan di berbagai platform seperti iOS, Android, Windows Phone, dan Blackberry.

Berikut ini merupakan contoh kelebihan dari mobile apps.

  1. Performa lebih cepat.
  2. Lebih menarik dari segi visual.
  3. Pengguna memiliki akses penuh ke perangkat mobile, seperti kamera, gesture, notification, speaker, dan fitur lainnya.
  4. Kualitas dan keamanan mobile apps tergantung dari developer apps tersebut.
  5. Untuk beberapa aplikasi, tidak harus dioperasikan secara online.