Apa kelebihan dan keuntungan melakukan customer research?

Costomer research adalah aktifitas yang menuntut deep-knowledge yang berakar pada pemahaman perilaku konsumen beserta segala faktor yang melatar belakanginya.

Apa kelebihan dan keuntungan melakukan customer research ?

Kelebihan dan keuntungan kita melakukan customer research dalam proses pengembangan sebuah produk adalah :

1. Dapat memandu komunikasi dengan pelanggan saat ini dan calon pelanggan.

Setelah memiliki hasil penelitian, kita harus memiliki cukup amunisi untuk merumuskan cara yang paling efektif untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Kita harus tahu apa yang mereka suka / tidak suka dengar / lihat / lakukan. Kemudian kita dapat menyesuaikan apa yang kita katakan kepada mereka untuk membuat mereka bertindak.

2. Dapat membantu mengidentifikasi peluang di pasar.

Penelitian terhadap pelanggan mungkin akan memberikan informasi dengan jelas bahwa produk baru yang direncanakan mungkin bukan yang diinginkan atau dibutuhkan oleh pasar. Informasi tersebut berguna untuk dapat memutuskan untuk melakukan modifikasi pada apa yang akan ditawarkan agar sesuai dengan kebutuhan pengguna.

3. Dapat membantu meminimalkan risiko.

Dengan melakukan customer research, kKita mungkin akan menemukan semua informasi yang dibutuhkan sebagai dasar untuk memutuskan apakah akan mengambil tindakan pada subjek tertentu atau tidak. Misalnya, kita mungkin menemukan bahwa lokasi tertentu di mana kita ingin membuka toko sudah memiliki pasar yang jenuh di lini bisnis kita, sehingga kita tidak membuka toko di tempat tersebut dan mencari tempat yang lebih tepat.

4. Dapat mengukur reputasi Anda.

Mengukur reputasi anda adalah hal yang baik untuk mengetahui bagaimana reputasi kita dibandingkan terhadap pesaing .

5. Dapat menyingkap dan mengidentifikasi potensi masalah.

Dengan melakukan customer research, kita bisa mendapatkan reaksi konsumen terhadap produk atau layanan yang kita kembangkan saat masih dalam tahapan pengembangan. Hal tersebut dapat memberikan pencerahan lebih lanjut terhadap produk kita sehingga produk yang kita kembangkan sesuai dengan pasar yang dituju.

6. Dapat membantu merencanakan ke depan.

Riset dapat memperkirakan kemungkinan penjualan suatu produk / layanan baru dan juga pengeluaran iklan yang diperlukan untuk mencapai keuntungan maksimum.

7. Dapat membantu menetapkan tren.

Jika kita melakukan penelitian pengguna secara berkelanjutan dan dilakukan secara berkala, maka kita akan memiliki banyak data . Dengan data tersebut kita dapat menganalisis pelanggan kita lebih detail dan dapat menetapkan tren-tren tertentu.

8. Dapat membantu menetapkan posisi pasar.

Penting untuk mengetahui posisi bisnis pada saat-saat tertentu tepat pada waktunya. Informasi dari riset membantu mengukur dan memantau kemajuan, yang dapat berguna untuk mengambil keputusan dan mengambil tindakan.

9. Dapat menentukan ‘janji’ yang paling persuasif.

Setiap merek harus membuat janji. Jika memikirkan merek yang paling terkenal sekalipun, mereka semua berjanji dan biasanya pelanggan mengetahui hal tersebut hanya dengan melihat logo mereka.

10. Dapat menemukan kompromi itu.

Tim yang terlibat dalam peluncuran produk / layanan baru semuanya memiliki persepsi dan perasaan pribadi masing-masing. Ini tentu tidak boleh diabaikan, tetapi dengan melakukannnya secara langsung kepada target pelanggan kita, kita akan mendapatkan pemikiran dan pendapat dari orang-orang yang memandang produkkita secara fair atau mereka kurang terikat secara emosional dengan tim pengembang. Hal ini sangat membantu untuk mendapatkan sudut pandang yang baru.

(sumber : https://happy-creative.co.uk/10-benefits-of-market-research/)