Apa kelebihan dan kelemahan dari sistem informasi?

Sistem informasi mempunyai tujuan bagaimana proses pemanfaatan teknologi informasi yang baik. Sistem informasi juga berbeda dari proses bisnis. Sistem informasi membantu untuk mengontrol kinerja proses bisnis.

Apa kelebihan dan kelemahan dari sistem informasi?

Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manejerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

Kelebihan Sistem Informasi

Berbicara tentang kelebihan sistem informasi mungkin ada banyak manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari mulai dari hal yang sepele atau kecil sampai hal yang besar.dan mungkin juga kita tidak sadar bahwa itu merupakan kelebihan dari suatu system informasi.

  1. SEBAGAI SARANA PENGAMBILAN KEPUTUSAN
    Dalam pengambilan sebuah keputusan,peran sistem informasi sanagatlah penting karena dengan sistem informasi kita bisa mengetahui dampak ataupun konsekuensi dari keputusan yang nanti kita ambil dalam kehidupan sehari-hari baik itu menguntungkan satu pihak maupun kedua belah pihak yang sedang dalam sebuah masalah.

  2. SEBAGAI SARANA PENYEDIA DATA
    Dalam hai ini peran sistem informasi sangatlah vital karena dengan perannya sebagai penyedia data, dia dituntut untuk menyediakan,memfasilitasi bahkan memberikan data yang bermanfaat bagi penggunanya yang sedang dibicarakan di kalangan masyarakat entah itu tentang politik,social,budaya,ekonomi bahkan tentang kehidupan artis yang sedang naik daun. Dalam prosesnya memberikan data yang sedang menjadi topik di masyarakat bisa dalam berbagai macam, misalnya radio, tv, majalah, surat kabar bahkan bisa saja melalui sosial media yang lagi ngetrend saat ini.

  3. SEBAGAI ALAT PENGONTROL DATA
    Sebagai alat pengontrol data maksudnya ialah sistem informasi juga berperan penting dalam pengontrol data yang beredar di masyarakat agar masyarakat tidak saja mengikuti arus dan bahkan bisa saja menikmati tanpa memperhatikan efek dari data yang disajikan tersebut. Disini peran dari sistem informasi itu sendiri berguna untuk jembatan pengontrol data mana yang layak beredar di masyarak dan mana juga yang tidak layak beredar di masyarakat tapi dengan tetap memperhatikan efek dari data tersebut.

Kekurangan Sistem Informasi

Berbicara tentang kelebihan dari system informasi tidak terlepas dari kekurangan-kekurangan yang ditimbulkan dari suatu system informasi. berikut kelemahan dari sistem informasi.

  1. ADANYA INDIKASI PENYALAHGUNAAN KECANGGIHAN ALAT
    Peran system informasi dimasyarakat sangatlah penting bahkan vital jadi tak jarang ada oknum-oknum yang memanfaatkan kecanggihan alat yang sedang berkembang untuk kepentingan segerombolan atau sekumpulan orang-orang yang menyalahgunakan manfaat kecanggihan alat yang sedang berkembang untuk tindak kejahatan.penanganan dalam masalah ini sangatlah sulit karena banyaknya faktor-faktor yang menghambat dalam penanganan masalah ini jadi semua kembali ke individu masing-masing untuk mempertimbangkan sisi baik dan sisi buruk dalam mau menggunakan suatu alat tertentu.

  2. KURANGNYA SOSIALISASI TENTANG PENTINGNYA SISTEM INFORMASI
    Dalam hal ini peran semua pihak mulai dari lapisan bawah sampai lapisan atas harus saling berkoordinasi untuk mensosialisasikan tentang pentingnya peran sistem informasiagar tidak ada masyarakat yang sampai ketinggalan teknologi di jaman yang sekarang berkembang ini tanpa memandang tingkatan lapisan ataupun derajat sosial.