Apa kelebihan dan kelemahan dari Return on Investment (RoI)

Dalam lingkungan Busines Case dikenal suatu analisis bernama Return on Investment, Jelaskan Kelebihan dan Kelemahan nya!

Return on invesment atau return on asset menunjukan kemampuan perusahaan menghasilkan laba dari aktiva yang dipergunakaan. Dengan mengetahui rasio ini, akan dapat diketahui apakah perusahan efesien dalam memanfaatkan aktivanya dalam kegiatan operasional perusahan rasio ini juga memberikan ukuran yang lebih baik atas profitabilitas perusahaan karena menunjukan efektivitas manajemen dalam menggunakan aktiva untuk memperoleh pendapatan.

Kelebihan/Kegunaan analisis ROI yaitu sebagai berikut :

  • Sebagai salah satu kegunaan prinsipil yang sifatnya menyeluruh. Apabila perusahaan sudah menjalankan praktek akuntansi dengan baik maka manajemen dengan menggunakan teknik analisis ROI dapat mengukur efisiensi penggunaan modal kerja, efisiensi produk dan efisiensi penjualan.

  • Apabila perusahaan dapat mempunyai data industri sehingga dapat diperoleh ratio industri, maka dengan analisis ROI ini dapat dibandingkan efisiensi penggunaan modal pada perusahaannya dengan perusahaan lain yang sejenis, sehingga dapat diketahui apakah perusahaannya berada di bawah, sama, atau diatas rata-ratanya.

  • Analisis ROI dapat digunakan untuk mengukur efisiensi tindakan-tindakan yang dilakukan oleh divisi atau bagian yaitu dengan mengalokasikan semua biaya dan modal ke dalam bagian yang bersangkutan. Artinya penting rate of return pada tingkat bagian adalah untuk dapat membandingkan efisiensi suatu bagian dengan bagian yang lain di dalam perusahaan yang bersangkutan.

  • Analisa ROI digunakan untuk pengukuran profitabilitas dari masing-masing produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Dengan menggunakan “product cost system” yang baik, modal dan biaya dapat dialokasikan 18 kepada berbagai produk yang dihasilkan oleh perusahaan yang bersangkutan sehingga akan dapat dihitung profitabilitas dari masing-masing produk.

  • ROI berguna untuk keperluan kontrol, juga berguna untuk perencanaan. Misalnya ROI digunakan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan kalau perusahaan akan mengadakan ekspansi.

Disamping kelebihan/kegunaan dari analisis ROI terdapat kelemahan-kelemahan ROI yaitu sebagai berikut :

  • Salah satu kelemahan yang prinsipil ialah kesukaran dalam membandingkan Rate of Return suatu perusahaan dengan perusahaan lain yang sejenis, mengingat bahwa praktek akuntansi yang digunakan masing-masing perusahaan tersebut adalah berbeda-beda. Perbedaan metode dalam penilaian berbagai aktiva antara perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain, perbandingan tersebut akan memberikan gambaran yang salah.

  • Kelemahan lain terletak adanya fluktuasi nilai dari uang (daya beli) suatu mesin atau perlengkapan tertentu yang dibeli dalam keadaan inflasi nilainya berbeda dengan kalau beli pada waktu tidak terjadi inflasi dan hal ini akan berpengaruh dalam menghitung investment dan profit margin.

  • Analisa ROI tidak dapat digunakan untuk mengadakan perbandingan antara dua perusahaan atau lebih. ROI diperoleh dari dua ratio yang masing-masing mengandung unsur penjualan dimana penganalisa tidak mengetahui sebab terjadnya perubahan dalam pejualan tersebut.

Referensi

Munawir, Slamet. 2004. “Analisis Laporan Keuangan”. Jakarta : Salemba Empat
lib.unnes.ac.id

ROI adalah salah satu bentuk profitabilitas untuk mengukur kemampuan perusahaan mendapat keuntungan dengan dana dan modal yang dimiliki. Dalam penerapannya, ROI memiliki kelemahan dan juga kelebihan :
Kelemahan dari ROI adalah :

  1. Kesulitan membandingkan rate of return dari tiap perusahaan karena seringkali penerapan akuntansi perusahaan yang berbeda
  2. Untuk membandingkan dua perusahaan atau lebih, tidak akan bisa mendapat hasil yang memuaskan jika hanya menggunakan ROI

Kelebihan dari ROI adalah :

  1. ROI dapat dijadikan landasan pengamilan keputusan jika suatu perusahaan ingin melakukan expansi
  2. ROI digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan mendapatkan keuntungan dengan modal dan dana yang ada
  3. Dan kegunaan yang paling mendasar adalah berkaitan dengan efisiensi penggunaan modal, efisiensi produk, dan efisiensi penjualan produk.
Referensi

http://forum.detik.com/pengertian-roi-return-on-investment-t385600.html

Return on investment (ROI) model telah mengalami peningkatan dan penggunaan oleh manager untuk menyesuaikan keinginan investor yang terus meningkat. Meskipun setiap ROI model memiliki masing-masing kelebihan dan kelemahannya, berikut adalah kelebihan dan kelemahannya secara umum:

Kelebihan
Return on investment model menyediakan matriks standar untuk mengukur efisiensi keuangan dari peluang investasi. ROI biasanya digunakan untuk membantu mendeskripsikan peluang kepada yang lain. Karena variasinya, investor dapat memilih salah satu yang cocok sesuai dengan tujuannya. ROI model juga digunakan sebagai titik perbandingan antara peluang investasi yang berbeda

Kelemahan
ROI model menggunakan expected cash flow dan biaya pada kalkulasi mereka sehingga mereka tidak mempertimbangkan apakah timbal balik dan biayanya sesuai dengan prediksi. ROI juga gagal dalam mendeskripsikan peluang aspek yang dibilang intangible.

Referensi

http://smallbusiness.chron.com/strengths-weaknesses-return-investment-3420.html