Apa kekurangan dan kelebihan platform teknologi digital?

IT digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu. Trend IT telah digunakan dalam berbagai bidang salah satunya di bidang politik, salah satu Trend IT dibidang politik ialah platform teknologi digital, Apa kekurangan dan kelebihan platform teknologi digital ?.

Kelebihan teknologi digital :

  1. Teknologi digital menawarkan biaya lebih rendah, keandalan (reability) lebih baik, pemakain ruang yang lebih kecil dan konsumsi daya yang lebih rendah
  2. Teknologi digital membuat kualitas komunikasi tidak tergantung pada jarak
  3. Teknologi digital lebih bergantung pada noise
  4. Jaringan digital ideal untuk komunikasi data yang semakin berkembang
  5. Teknologi digital memungkinkan pengenalan layanan-layanan baru
  6. Teknologi digital menyediakan kapasitastransmisi yang besar
  7. teknologi digital menawarkan fleksibilitas Keuntungan lain dari sistem digital
  8. Dalam penggunaannya relatif lebih mudah
  9. Kesalahan dapat diminimalisir
  10. Efisien dalam segi waktu
  11. Teknologi digital menawarkan biaya lebih rendah, keandalan (reliability) yang lebih baik, pemakaian ruang yang lebih kecil, serta konsumen daya yang rendah.
  12. Alat-alat pada teknologi digital lebih stabil, praktis, dan memiliki daya tahan yang lama dalam pemakaiannya. Hal seperti itu menyebabkan biaya pemeliharaan menjadi lebih sedikit.
  13. Teknologi integrated circuit ( IC ) atau yang lebih dikenal dengan sebutan chips membuat penggunaan teknologi digital lebih praktis karena ukurannya yang kecil.
  14. Teknologi digital membuat kualitas komunikasi tidak tergantung pada jarak.
  15. Serangkaian repeater station ( stasiun pengulang ) akan melindungi dan memperkuat sinyal sepanjang jalur perjalanan transmisi sehingga pada saat informasi dipancarkan dalam bentuk sinyal digital, walaupun menempuh jarak yang cukup jauh keutuhan data akan tetap terjaga. Gangguan berupa cuaca buruk dan noise tidak akan memengaruhi transmisi sinyal digital. Hal tersebut terjadi karena, pada stasiun pengulangan sinyal digital akan mengalami regenerasi. Sinyal-sinyal yang rusak akan digantikan oleh sinyal baru.
  16. Teknologi digital lebih toleran terhadap suara bising ( noise ).
  17. Jaringan digital ideal untuk komunikasi data yang semakin berkembang.
  18. Teknologi digital memungkinkan pengenalan layanan-layanan baru.
  19. Teknologi digital menyediakan kapasitas transmisi yang besar.
  20. Teknologi digital menawarkan fleksibilitas.
  21. Integrated Service Digital Network ( ISDN ) dalam teknologi digital dapat menghantarkan berbagai informasi dalam sebuah jaringan tunggal. Semua data tersebut dapat diakses dan dipindahkan dengan mudah melalui alat tertentu. Contohnya adalah kabel data dan flashdisk.

image

Kelemahan teknologi digital :

  1. Membuat kita malas (mengurangi kreatifitas)
  2. Rentan rusak.
  3. Kesalahan pada saat digitalisasi akan menyebabkan konsep informasi yang asli tidak dapat terpresentasikan dengan baik saat digitalisasi. Misalnya warna, jika suatu warna belum terdapat dalam sistem penyimpanan teknologi digital, maka akan dicari padanan warna yang paling dekat dan paling mirip dengan warna tersebut. Hal tersebut menyebabkan warna yang akan tertampil setelah digitalisasi menjadi kurang akurat dan tidak mewakili warna aslinya.
  4. Dominasi dunia oleh teknologi analog. Banyak bentuk informasi kamunikasi yang menggunakan sistem analog, perangkatnya pun menggunakan perangkat analog. Sehingga untuk menikmati layanan teknologi digital kita harus menggunakan analog-digital converter ( ADC ) dan digital-analog converter ( DCA ).
  5. Biaya yang tidak sedikit untuk digunakan dalam melakukan penggantian alat komunikasi seperti telepon, televisi, dan radio dari yang sebelumnya berbasis teknologi analog menjadi teknologi digital.

Sumber :man_technologist: :

Kelebihan teknologi informasi digital

  • Sesuai dengan teknologi komputer

Setelah melalui proses digitalisasi, informasi yang masuk akan berubah menjadi serangkaian bilangan biner yang membentuk informasi dalam wujud kode digital. Kode digital tersebut nantinya akan mampu dimanipulasi oleh komputer. Contohnya adalah gambar kamera video yang telah diubah menjadi bentuk digital. Bentuk digital tersebut mewakili element gambar (pixel). Elemen gambar tersebut dapat dimanipulasi oleh komputer. Sehingga kita dapat menciptakan efek tertentu pada gambar serta dapat juga memperbaiki kualitas gambar yang dianggap kurang baik.

  • Multiplexing

Teknologi ini memungkinkan kita untuk mendistribusikan Informasi dalam beragam jenis dan dalam jumlah yang banyak secara sekaligus. Informasi yang berupa sinyal digital akan di distribusikan melalui sebuah saluran komunikasi tunggal. Nantinya saluran tunggal tersebut akan terbagi lagi menjadi saluran yang lebih kecil dan terpisah, sehingga, kebutuhan akan konstruksi dan pemeliharaan akan semakin berkurang.

  • Keutuhan data pada saat proses transmisi

Pada saat informasi dipancarkan dalam bentuk sinyal digital, walaupun telah menempuh jarak yang cukup jauh keutuhan data akan tetap terjaga. Sinyal digital tersebut akan melaui serangkaian repeater station (stasiun pengulang) yang berfungsi untuk melindungi dan memperkuat sinyal sepanjang jalur perjalanan transmisi. Gangguan berupa cuaca buruk dan noise tidak akan memengaruhi transmisi sinyal digital. Hal tersebut terjadi karena, pada repeater station sinyal digital akan mengalami regenerasi. Sinyal-sinyal yang rusak akan digantikan oleh sinyal baru.

  • Sistem komunikasi yang fleksibel

Teknologi digital melalui teknologi Integrated Service Digital Network ( ISDN ) atau dalam bahasa indonesia populer dengan sebutan jaringan telekomunikasi digital pelayanan terpadu dapat menghantarkan berbagai informasi dalam sebuah jaringan tunggal. ISDN bisa diibaratkan sebagai sebuah pipa saluran informasi besar yang terdiri dari berbagai komponen informasi yang dapat berupa gambar, data, dan suara.

  • Efisiensi Biaya

Peralatan pada teknologi digital membangkitkan produksi massal yang kemudian akan menekan biaya produksi. Alat-alat pada teknologi digital juga lebih stabil, praktis dan memiliki daya tahan yang lama dalam pemakaiannya. Hal tersebut menyebabkan biaya pemeliharaan menjadi lebih sedikit.

Kekurangan teknologi informasi digital

  • Permintaan saluran informasi yang tinggi

Segala jenis informasi yang telah didigitalisasi akan mampu didistribusikan secara efisien dan dalam jumlah yang banyak melalui sistem multiplexing. Namun terdapat beberapa saluran aplikasi yang tak mampu menampung jumlah arus data digital yang dikirimkan tersebut.

  • Kesalahan pada saat digitalisasi

Pada saat proses perubahan dari sinyal analog ke sinyal digital. Konsep informasi yang ada pada dunia nyata akan melewati digitalisasi. Konsep informasi tersebut akan diubah menjadi sinyal digital, dan sinyal digital tesebut merupakan rangkaian dari kode-kode tertentu. Dikawatirkan konsep informasi asli yang terdapat pada dunia nyata tersebut tidak dapat terepresentasikan dengan baik saat digitalisasi.

  • Dominasi dunia oleh teknologi analog

Sampai saat ini dunia masih didominasi oleh teknologi analog. Banyak bentuk informasi komunikasi yang menggunakan sistem analog, perangkatnya pun menggunakan perangkat analog. Sehingga untuk menikmati layanan teknologi digital kita harus menggunakan analog-digital converter (ADC) dan digital-analog converter (DAC).

  • Investasi Publik

Untuk menikmati layanan digital secara keseluruhan. Maka harus dilakukan penggantian alat komunikasi seperti telepon, televisi dan radio dari yang sebelumnya berbasis teknologi analog menjadi teknologi digital. Hal ini menyebabkan masyarakat mengeluarkan biaya yang tidak sedikit terlebih lagi teknologi ini masih tergolong teknologi yang baru.

Sumber :bulb: :

Kelebihan teknologi informasi digital:

1. Keutuhan data pada saat proses transmisi
Saat informasi dipancarkan dalam bentuk sinyal digital dengan menempuh jarak yang cukup jauh, keutuhan data tetap terjaga. Sinyal digital tersebut akan melalui serangkaian repeater station (stasiun pengulang) untuk melindungi dan memperkuat sinyal sepanjang jalur perjalanan transmisi. Gangguan berupa cuaca buruk dan noise tidak akan mempengaruhi transmisi sinyal digital, karena pada repeater station sinyal digital akan mengalami regenerasi. Sinyal-sinyal yang rusak pun dapat langsung diganti.

2. System komunikasi yang lebih fleksibel
Teknologi digital melalui ISDN (Integrated Service Digital Network) atau jaringan telekomunikasi digital pelayanan terpadu dapat menghantarkan berbagai informasi dalam sebuah jaringan tunggal. ISDN merupakan informasi besar yang terdiri dari banyak komponen informasi yang dapat berupa gambar, data, maupun suara. Semua data itu bisa dipindahkan dan diakses dengan mudah menggunakan alat tertentu.
Contoh : flashdisk
Flashdisk banyak digunakan untuk pertukaran informasi dan data dalam bentuk digital. Teknologi ISDN ini memberikan kemudahan pada kita untuk bertukar gambar, data, dan grafik dengan cepat dan bisa dilakukan dimana saja.

3. Efisiensi biaya
Dengan adanya teknologi integrated circuit (IC) atau yang familiar disebut chips sangat memberikan dampak yang sangat signifikan. Alat ini membuat teknologi computer yang sebelumnya harus menggunakan mesin dan komponen yang berukuran besar, berat, dan tidak praktis tugasnya dapat digantikan oleh chips (lebih stabil, praktis, punya daya tahan yang lama dalam pemakaian). Maka, biaya pemeliharaan alat tersebut lebih sedikit.

Kekurangan teknologi informasi digital:

1. Kesalahan pada saat digitalisasi
Pada saat proses perubahan dari sinyal analog ke sinyal digital, konsep informasi yang ada pada dunia nyata akan melewati tahap digitalisasi (informasi tersebut akan diubah menjadi sinyal). Digital dan sinyal digital merupakan rangkaian dari kode-kode tertentu. Hal ini perlu dikhawatirkan jika konsep informasi yang asli terdapat pada dunia nyata tersebut tidak dapat terpresentasikan dengan baik saat digitalisasi.
Contoh : Pada warna, jika suatu warna belum terdapat dalam system penyimpangan teknologi digital, maka akan dicari padanan warna yang paling dekat dan paling mirip dengan warna tersebut. Warna yang tertampil akan menjadi kurang akurat dan tidak mewakili warna aslinya.

2. Dominasi dunia oleh teknologi analog
Sampai saat ini dunia masih didominasi oleh teknologi analog. Banyak bentuk informasi komunikasi yang menggunakan system analog, perangkatnya pun menggunakan perangkat analog. Sehingga untuk menikmati layanan teknologi digital kita harus menggunakan analog-digital converter(ADC) dan digital-analog converter(DCA).

3. Investasi public
Untuk menikmati layanan digital secara keseluruhan, maka harus dilakukan pengganti alat komunikasi (telepon, televisi, dan radio) dari yang sebelumnya berbasis teknologi analog menjadi teknologi digital. Maka dari itu, masyarakat harus mengeluarkan biaya yang tidak murah pada teknologi yang tergolong baru ini. Ini menyebabkan masyarakat mengeluarkan biaya yang tidak sedikit terlebih lagi teknologi ini masih tergolong baru. Permasalahan bagi kelangsungan industry pertelekomunikasian akan memengaruhi kemampuan daya beli masyarakat.

4. Rangkaian elektronika yang digunakan menjadi lebih rumit atau komplex
Itulah sebabnya teknologi digital sering diabaikan oleh masyarakat karena pembuatan elektronik digital sangat rumit dan rangkaiannya begitu kompleks.

Sumber :

http://ilmunesia.com/kelebihan-dan-kekurangan-teknologi-digital/