Apa kekurangan dan kelebihan dalam pendekatan Wizard of Oz MVP?

nyu-startup-school-testing-your-mvps-and-prototypes-41-638
Wizard of Oz MVPs memiliki beberapa tugas sistem yang dilakukan oleh manusia untuk meniru sistem yang matang

1 Like

Wizard of Oz MVP adalah salah satu cara tercepat dan paling efektif untuk menguji hipotesis, apakah solusi yang diusulkan akan menciptakan nilai bagi pelanggan. Karena pengujian dilakukan secara manual, wirausahawan dapat dengan cepat memodifikasi MVP mereka dan menguji banyak hipotesis, menemukan solusi yang paling efektif.

Ada beberapa keuntungan pendekatan Wizard of Oz MVP:

  • Pada masa-masa awal, jauh lebih murah untuk meniru sistem yang berfungsi (dengan membayar manusia untuk melakukan pekerjaan di belakang layar).

  • Dengan Wizard of Oz MVP mungkin untuk melihat jauh lebih cepat bagaimana suatu sistem yang matang akan berperilaku. Sistem dan algoritme Aardvark lengkap mungkin memerlukan waktu bertahun-tahun untuk dibuat, tetapi Wizard of Oz MVP mendapat umpan balik dalam beberapa minggu.

  • Hasilnya adalah data aktual yang dihasilkan dari pengguna yang berinteraksi dengan sistem yang mereka percaya berfungsi dengan sempurna. Data ini jauh lebih sedikit bias daripada pemikiran subjektif dari Concierge di Concierge MVP.

Kerugian bagi pendekatan Wizard of Oz MVP:

  • Membutuhkan manusia di belakang layar untuk melakukan pekerjaan dengan baik. Biasanya ini berfungsi dengan baik jika pendiri adalah ahli domain dan orang yang menarik tali. Mungkin merupakan tantangan untuk menemukan orang lain dengan pengetahuan yang sama.
Referensi

https://openclassrooms.com/courses/learn-about-lean-startup/discover-the-4-types-of-minimum-viable-product
http://www.yarandin.com/en/wizard-of-oz-mvp