© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa kekuatan militer yang dimiliki negara Iran ?

Iran negara yang berada di posisi 21 peringkat kekuatan militer dunia dibawah Indonesia, tapi kenapa Iran justru sangat ditakuti amerika yang menjadi posisi 1 dunia ?
Apa kekuatan militer yang dimiliki negara Iran ?

Saya akan mengambil beberapa contoh kekuatan militer yang dimiliki negara Iran.

1. Rudal Shahab 3

Kekuatan militer dari Iran yang cukup berbahaya adalah kepemilikan rudal yang sangat mematikan, yaitu rudal shahab 3. Rudal ini merupakan rudal hasil buatan militer Iran yang paling canggih. Sebelum dilakukan uji coba, rudal ini sempat diumumkan di TV nasional Iran. Kekuatan rudal ini diperkirakan lebih dahsyat dibandingkan rudal buatan Iran sebelumnya. Apalagi rudal ini juga sudah dilengkapi dengan kontrol jarak jauh yang bisa membuat rudal dikendalikan dari jarak 700 km. Jika rudal ini diluncurkan, maka bisa menghancurkan sebagian besar wilayah Timur Tengah bahkan Eropa.

2. Rudal balistik

Kekuatan militer Iran memang bukan dari kendaraan tempur yang dimilikinya melainkan pada persenjataan penghancur yang dimiliki. Salah satu rudal mematikan yang dimiliki oleh Iran adalah rudal balistik. Senjata mematikan milik Iran ini mampu menghancurkan daratan Arab dalam waktu yang singkat. Radius capaian dari rudal ini mencapai 1000 mil. Jadi, sekali menembakkan rudal ini bisa banyak wilayah yang bisa dihancurkan oleh Iran.

3. Rudal S300

Kekuatan militer Iran memang berfokus pada pembuatan rudal mematikan. Salah satu rudal mematikan dari Iran adalah rudal S300. Rudal ini memang bukan termasuk rudal buatan Iran melainkan rudal buatan Rusia yang khusus dibeli Iran untuk melengkapi senjata militernya. Dengan memiliki rudal ini Iran mempunyai persenjataan yang siap perang dan sangat mematikan. Apalagi Rusia siap untuk membantu Iran dalam hal pasokan rudal S300 jika terjadi perang.

4. Kapal serang cepat

Selain memiliki rudal, Iran juga mempunyai kapal serang cepat yang bisa bergerak sangat cepat di lautan timur tengah. Kapal serang cepat milik Iran ini sangat efektif untuk melumpuhkan lawan di lautan. Bahkan jika terjadi perang dengan Arab maka kapal serang cepat ini siap untuk melumpuhkan distribusi minyak Arab yang ada saat ini. Selain mempunyai kecepatan melaju yang sangat cepat, kapal serang ini juga dilengkapi dengan berbagai persenjataan canggih yang sangat mematikan untuk melumpuhkan musuh.

5. Kapal selam Ghadir

Marinir Iran juga sudah melengkapi kekuatan militernya dengan membuat kapal selam canggih. Kapal selam canggih Iran adalah kapal selam Ghadir yang mampu melumpuhkan kapal perang besar dari bawah laut. Kemampuan kapal selam ini memang sudah tidak diragukan lagi, kapal selam Iran ini bisa menghancurkan dan melumpuhkan kapal-kapal besar teluk Persia dalam waktu yang sangat cepat. Apalagi kapal selam ini juga sudah dilengkapi dengan torpedo yang besarnya 21 inci. Bisa dibayangkan jika kapal selam ini menghadang musuh dari bawah laut.

6. Misil Soumar

Senjata milik Iran ini merupakan senjata misil jelajah yang masih terus dikembangkan oleh pihak militer Iran. Kekuatan militer Iran dalam pembuatan rudal dan misil ini memang tidak perlu diragukan lagi. Hal ini terbukti dengan banyaknya persediaan misil dan rudal milik Iran. Misil terbaru milik Iran ini diberi nama misil Soumar. Senjata mematikan milik Iran ini mampu untuk menempuh jarak 1500 mil dengan menggunakan radar otomatis. Diperkirakan misil soumar ini akan menjadi salah satu misil terhebat yang dimiliki oleh Iran.

7. The qods

Kekuatan militer Iran tidak hanya pada persenjataannya saja tapi juga ada pada pasukan militer yang dinamakan the qods. Pasukan militer Iran ini mempunyai kemampuan berperang dan bertahan hidup yang sangat tangguh. Selain itu, pasukan ini juga berjumlah lebih dari 15 ribu tentara yang siap mati untuk membela Iran.

itulah beberapa contoh kekuatan yang dimiliki negara Iran.

Militer iran saat ini menurut Global fire power berada dalam urutan 13 hanya terpaut 2 angka dari indonesia yang saat ini menduduki posisi 15 dari 136.

Kenapa negara iran ditakuti ?

Karena mereka salah satu negara yang digadang gadang sebagai negara yang bisa membuat nuklir yaitu senjata penghancur masal, tapi sisi buruknya iran seperti cenderung tertutup dengan negara lain juga dapat memperkuat kekuatan suatu negara karena iran tidak mungkin dapat menjadi negara yang berdiri sendiri dengan kekuatan nuklirnya sama seperti negara korea selatan yang terkesan tertutup dengan negara lain.

Menurut situs Theiranproject.com, media Times of Israel dan Haaretz, militer Iran sedang mengembangkan sejumlah produk pertahanan untuk meningkatkan kemampuan berperangnya.

“Iran akan membuat kapal perang penghancur dalam beberapa tahun ini,” kata Brigadir Jenderal Iran, Amir Hatami, pada 2016.

Soal kemampuan militer Iran, Kepala Intelejen Militer Israel, Herzl Halevi, mengatakan negaranya telah berperang dengan Iran sejak lama.Dia mengatakan ini dalam sebuah acara publik, yang jarang dihadirinya.

“Jika Anda tanya saya apakah kita akan berperang dengan Iran dalam sepuluh tahun mendatang, saya beritahu kamu jawaban yang mengejutkan: Kita sedang perang teknologi dengan Iran. Para insinyur kita berperang melawan insinyur mereka hari ini. Dan semakin meningkat signifikan.”

Berikut ini sejumlah pencapaian teknologi militer Iran:

  • Drone serbu
    Militer Iran memiliki setidaknya delapan model drone serbu buatan domestik. Pasukan drone ini ditampilkan pada acara International Aviation Exhibit beberapa waktu lalu. Ada drone Ababil 2 dan 3, Mohajer 2 dan 3 serta sebuah helikopter tanpa awal Nazzer.

  • Kendaraan lapis baja
    Militer Iran mengembangkan sejumlah kendaraan lapis baja seperti panser dengan lapisan peredam tembakan, multiple rocket launcher dan mobile canon yang dipasang di truk untuk memudahkan mobilisasi.

  • Peta geografi militer
    Iran mengembangkan proyek strategis peta geografi militer dan sistem kalibrasi satelit altimetry, yang bisa digunakan untuk mengukur ketinggian dan memetakan wilayahnya scara detil termasuk untuk kepentingan militer. Proyek ini ditujukan untuk mengantisipasi gangguan keamanan di wilayah-wilayah perbatasan, yang dianggap rawan serangan.

  • Rudal terpandu laser
    Militer Iran dikabarkan telah membuat sejumlah rudal terpandu laser, yang bisa mengarahkan rudal ini kepada target secara relatif akurat. Rudal ini akan terpasang pada helikopter, yang mendapat peningkatan kekuatan pada lapisan kulitnya. Ini membuat helikopter itu bisa menahan tembakan menggunakan senjata kaliber 7,62 – 12,7.

  • Rudal canggih
    Iran baru saja membeli rudal antimisil Rusia, S-300, yang dipasang untuk mengamankan lokasi strategis negara itu seperti kantor dan instalasi pemerintah dan militer serta pusat-pusat energi nuklir-nya. Ini untuk mengantisipasi serangan udara Israel ke instalasi nuklir dan sensitif Iran. Pada saat yang sama Iran juga membuat sejumlah rudal domestik seperti rudal Sayyad - 3, yang merupakan rudal jarak jauh anti pesawat udara.

  • Pertahanan garis pantai
    Iran juga membangun sistem pertahanan garis pantai untuk menjaga dari invasi pasukan lawan mendarat di pantai di negara itu. Rudal itu bernama Vellayat II dan III serta torpedo Valfajr. Rudal Vellayat ini dirancang untuk menyerang pasukan laut dari garis pantai. Iran juga membangun sendiri kapal penghancur untuk keperluan pertahanan wilayahnya.