Apa kegunaan vitamin C untuk kecantikan?

Vitamin C sering menjadi bahan utama dalam beberapa produk skincare. Apa kegunaan vitamin c? Apa saja manfaatnya bagi kulit?

Vitamin C merupakan nutrisi yang paling aman, efektif, sekaligus paling mudah untuk didapatkan. Di samping itu, vitamin C memberikan banyak manfaat penting bagi tubuh, mulai dari perannya untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, hingga mencegah penuaan dini. Vitamin C merupakan salah satu antioksidan, yang bisa mencegah berbagai kerusakan akibat radikal bebas, termasuk zat kimia berbahaya, polusi, dan asap rokok, sehingga membantu mencegah kanker dan penyakit jantung.

Manfaat Vitamin C :

  • Perlindungan dari sinar matahari
    Vitamin C akan melindungi kulit dari radikal bebas dan zat berbahaya lainnya. Kandungan antioksidan dalam vitamin C melindungi kulit dari radiasi ultraviolet dan paparan sinar matahari.

  • Meningkatkan produksi kolagen
    Salah satu manfaat vitamin C yang paling penting adalah perannya dalam produksi kolagen, jenis protein yang menjaga elastisitas kulit. Sejalan dengan usia yang semakin tua, kolagen akan rusak dan keriput mulai terbentuk. Asupan vitamin C yang memadai pada kulit akan melawan pembentukan keriput dengan cara meningkatkan produksi kolagen.

  • Mencerahkan kulit secara alami
    Kolagen juga akan memperlancar aliran nutrisi ke kulit. Pembuluh darah yang kecil di bawah kulit membawa oksigen dan berbagai nutrisi untuk memastikan kulit tetap sehat. Tanpa asupan nutrisi yang memadai, kulit akan menjadi kasar dan kering.

Itulah mengapa banyak kream kulit yang mengandung vitamin C, karena faktanya vitamin ini dapat menjaga elastisitas, melindungi, dan memperbaiki sel-sel kulit, sehingga tekstur dan kenampakan kulit menjadi lebih cerah.

sumber :