Apa kegunaan database?

Sebagai komponen utama dalam sistem informasi, pastinya memiliki database, namun jarang juga orang memahami betul pentingnya dari database. Lalu apa kegunaan database?

Pengertian database adalah sekumpulan data yang sudah disusun sedemikan rupa dengan ketentuan atau aturan tertentu yang saling berelasi sehingga memudahkan pengguna dalam mengelolanya juga memudahkan memperoleh informasi. Database pengertian umumnya adalah sistem penyimpanan data dimana data yang sudah banyak diinput disimpan dalam satu sistem penyimpanan. Sistem database sudah banyak digunakan di banyak bidang, tidak hanya dalam bidang teknologi , bahkan saat ini database sudah digunakan di perusahaan,universitas,perkantoran,supermarket bahkan di rumah-rumah. Kini sudah banya aplikasi untuk mendukung pembuatan database seperti

Microsoft SQL Server,Microsoft Access, Oracle dan lainnya tergantung pada selera dan kebutuhan masing-masing ingin yang mana.Penggunaan database ini sangat diperlukan dimana seperti yang kita ketahui kebutuhan dan perkembangan informasi begitu cepat dan dinamis,tidak ada ruginya bagi yang bukan bidang (pekerjaan)nya mengetahui atau bahkan mempelajari sistem database ini. Hal ini memiliki banyak keuntungan dibanding ketika setiap file disimpan secara terpisah, beberapa keuntungannya antara lain :

1.Efisien
Dapat menghasilkan informasi yang dibutuhkan secara cepat, tergantung dari perancangannya sendiri karna dapat menseleksi informasi yang diinginkan.

2.Kontrol data
Mempermudah pengontrolan data menjadi terpusat dari banyak admin,divisi ketika ingin update cukup dengan satu database saja.

3.Biaya
Dengan memiliki system database terpusat, jadi lebih menghemat biaya perangkat penyimpanan, karna hanya dengan satu server utama, divisi lain tidak memerlukan perangkat penyimpanan.

4.Keamanan data
Mayoritas sistem penyimpanan data saat ini memiliki control pengguna, seperti dapat memberikan grant/izin/hak aksen kepada semua pengguna tergantung kepentingan dan kebutuhan masing-masing pengguna,jadi data akan tetap aman dan terkontrol walaupun banyak penggunanya, Selain itu setiap database yang disimpan diperlukan sebuah password untuk dapat mengaksesnya.

5.Membantu pembuatan aplikasi baru
Ketika perusahaan membutuh kan aplikasi baru dan sistem databasenya sudah tersusun dengan baik maka programmer hanya perlu membuat tampilan interface yang dibutuhkan oleh perusahaan.


Pengaplikasian DataBase

Beberapa aplikasi dan menggunakan DataBase Management System (DBMS) antaranya :

  • Sistem Pemesanan Kereta Api
    Database diperlukan untuk menyimpan catatan pemesanan tiket, status keberangkatan dan keberangkatan kereta. Juga jika kereta terlambat maka orang bisa mengetahuinya melalui update database.

  • Sistem Manajemen Perpustakaan
    Ada ribuan buku di perpustakaan sehingga sangat sulit untuk mencatat semua buku dalam salinan atau daftar. Jadi DBMS digunakan untuk menjaga semua informasi berkaitan dengan tanggal penerbitan buku, nama buku, penulis dan ketersediaan buku.

  • Perbankan
    Ribuan transaksi melalui bank setiap harinya dan kita bisa melakukan ini tanpa pergi ke bank. Jadi bagaimana perbankan menjadi begitu mudah sehingga dengan duduk di rumah kita bisa mengirim atau mendapatkan uang melalui bank. Itu semua mungkin hanya karena DBMS yang mengelola semua transaksi bank.

  • Universitas dan perguruan tinggi
    Ujian dilakukan secara online hari ini dan universitas dan perguruan tinggi menjaga semua catatan ini melalui DBMS. Rincian pendaftaran siswa, hasil, kursus dan nilai semua informasi disimpan dalam database.

  • Transaksi kartu kredit
    Untuk pembelian kartu kredit dan semua transaksi lainnya hanya dimungkinkan oleh DBMS. Pemegang kartu kredit mengetahui pentingnya informasi mereka yang semuanya dijamin melalui DBMS.

  • Situs Media Sosial
    Kita semua berada di situs media sosial untuk berbagi pandangan kita dan terhubung dengan teman kita. Jutaan pengguna harian mendaftar untuk akun media sosial seperti facebook, twitter, pinterest dan Google plus. Tapi bagaimana semua informasi pengguna disimpan dan bagaimana kita bisa terhubung dengan orang lain, ya ini semua karena DBMS.

  • Telekomunikasi
    Setiap perusahaan telekomunikasi bahkan tidak bisa memikirkan bisnis mereka tanpa DBMS. DBMS adalah keharusan bagi perusahaan-perusahaan ini untuk menyimpan rincian panggilan dan membayar tagihan bulanan.

  • Keuangan
    Hari-hari telah berlalu jauh ketika informasi yang berkaitan dengan uang disimpan dalam daftar dan arsip. Hari ini waktu telah benar-benar berubah karena ada banyak hal yang harus dilakukan dengan keuangan seperti menyimpan penjualan, memegang informasi dan manajemen laporan keuangan, dll.

  • Militer
    Militer menyimpan catatan jutaan tentara dan memiliki jutaan berkas yang harus tetap aman dan terjamin. Karena DBMS memberikan jaminan keamanan yang besar terhadap informasi militer sehingga banyak digunakan di militer. Seseorang dapat dengan mudah mencari semua informasi tentang seseorang dalam hitungan detik dengan bantuan DBMS.

  • Belanja online
    Belanja online telah menjadi tren besar akhir-akhir ini. Tidak ada yang mau pergi ke toko dan membuang waktunya. Semua orang ingin berbelanja dari rumah. Jadi semua produk ini ditambahkan dan dijual hanya dengan bantuan DBMS. Informasi pembelian, tagihan faktur dan pembayaran, semua ini dilakukan dengan bantuan DBMS.

  • Manajemen Sumber Daya Manusia
    Perusahaan besar memiliki banyak pekerja yang bekerja di bawah mereka. Departemen manajemen sumber daya manusia menyimpan catatan gaji, pajak, dan pekerjaan masing-masing karyawan melalui DBMS.

  • Manufaktur
    Perusahaan manufaktur membuat produk dan penjualannya setiap hari. Untuk menyimpan catatan semua rincian tentang produk seperti jumlah, tagihan, pembelian, manajemen rantai pasokan, DBMS digunakan.

  • Sistem reservasi maskapai penerbangan
    Sama seperti sistem pemesanan kereta api, maskapai juga membutuhkan DBMS untuk mencatat kedatangan penerbangan, status keberangkatan dan penundaan penerbangan.

Sumber :man_technologist: :

http://whatisdbms.com/application-and-uses-of-database-management-system-dbms/
http://matamatanews.com/kegunaan-database-pada-masa-sekarang

Kegunaan database atau basis data, diantaranya :

  1. Sebagai komponen utama yang penting dalam sistem informasi, karena merupakan dasar dalam menyediakan informasi
  2. Menentukan kualitas informasi yaitu cepat, akurat, dan relevan, sehingga infromasi yang disajikan tidak basi. Informasi dapat dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkanya.
  3. Mengatasi kerangkapan data (redundancy data)
  4. Menghindari terjadinya inkonsistensi data
  5. Mengatasi kesulitan dalam mengakses data
  6. Menyusun format yang standar dari sebuah data
  7. Penggunaan oleh banyak pemakai (multiple user). Sebuah database bisa dimanfaatkan sekaligus secara bersama oleh banyak pengguna (multiuser).
  8. Melakukan perlindungan dan pengamanan data. Setiap data hanya bisa diakses atau dimanipulasi oleh pihak yang diberi otoritas dengan memberikan login dan password terhadap masing-masing data.
  9. Agar pemakai mampu menyusun suatu pandangan (view) abstraksi dari data. Hal ini bertujuan menyederhanakan interaksi antara pengguna dengan sistemnya dan database dapat mempresentasikan pandangan yang berbeda kepada para pengguna, programmer dan administratornya.

Sedangkan bentuk-bentuk organisasi/perusahaan yang memanfaatkan basis data (sebagai komponen sistem informasi dalam organisasi/perusahaan) dapat berupa :

  • Perbankan. Dalam melakukan pengelolaan data nasabah/data tabungan/data pinjaman, pembuatan laporan-laporan akuntansi, pelayanan informasi pada nasabah/calon nasabah, dan lain-lain.

  • Asuransi. Dalam melakukan pengelolaan data nasabah/data pembayaran premi, pemrosesan pengajuan klaim asuransi, dan lain-lain.

  • Rumah Sakit. Dalam melakukan pengelolaan histori penyakit/pengobatan pasien, menangani pembayaran perawatan, dan lain-lain.

  • Produsen Barang. Dalam melakukan pengelolaan data keluar-masuk barang (inventori), dan lain-lain.

  • Industri Manufaktur. Dalam membantu pengelolaan pesanan barang, mengelola data karyawan dan lain-lain.

  • Pendidikan/Sekolah. Dalam melakukan pengelolaan data siswa, penjadualan kegiatan perkuliahan, dan lain-lain.

  • Telekomunikasi. Dalam melakukan pengelolaan data administrasi kabel/data pelanggan, menangani gangguan, dan lain-lain.

Referensi :


http://sansan57.blogspot.co.id/2015/03/pengertian-basis-data-dan-contoh.html


KEGUNAAN DATABASE ATAU BASIS DATA


Database adalah sekumpulan informasi yang tersimpan di komputer secara sistematis, sehingga mudah untuk diakses oleh sebuah program komputer untuk memperoleh informasi data. Perangkat lunak akan memanggil query basis data (DBMS). Penggunaan kata database kini tidak hanya di dunia komputer, telah meluas di luar bidang komputer.

Secara umum konsep dasar data adalah sekumpulan catatan, potongan-potongan pengetahuan yang tersusun secara sistematis dan teratur yang memiliki penjelasan, atau disebut skema. Skema menggambarkan obyek yang diwakili suatu database dan ada hubungan antar obyek tersebut.

Struktur Basis Data

Ada banyak jalan untuk mengorganisasi skema, atau memodelkan struktur basis data atau yang dikenal sebagai model basis data. Umumnya menggunakan model relasional, yang mewakili semua informasi dalam bentuk tabel-tabel yang saling berhubungan di setiap tabel terdiri dari baris dan kolom. Model relasional memungkinkan antar table diwakili dengan nilai sama antar tabel. Sedangkan model hierarkis dan model jaringan memakai cara yang lebih terbuka untuk menunjukkan keterwakilan hubungan antar tabel.

Basis data memungkinkan data di server komputer secara terpadu dan berbagai antara pengguna komputer yang terhubung dengan server lewat internet atau langsung. Sistim ini memudahkan komunikasi antara komputer dimana berada asal tersambung jaringan internet dan mempunyai akses ke server.

Adapun kegunaan atau fungsi dari database itu sendiri sebagai berikut :

  1. Mengelompokkan data untuk mempermudah identifikasi data, database menyiapkan data yang sesuai dengan permintaan user terhadap suatu informasi dengan dengan cepat dan akurat. Melalui software Database Management Systems (DBMS) user / petugas bank dapat mencari profil informasi seorang nasabah dalam hitungan detik, DBMS akan menyajikan data lengkap mengenai profil yang diminta.

  2. Menghindari data ganda dan inkonsistensi data, software DBMS sebagai software untuk menjalankan database komputer mempunyai kemampuan menginformasikan kepada user pada saat input data apabila data yang akan diinput sudah ada dalam database. Duplikasi data didalam database sangat dimungkinkan, karena database dapat diakses dari banyak komputer dari berbagai tempat yang tersambung ke sistim database.

  3. Memudahkan akses, penyimpanan data, mengedit dan menghapus data User/admin pemegang otoritas database dengan mudah melakukan editing data yang salah saat entry dengan data yang terbaru, atau menghapus data palsu / salah dengan cepat, juga melakukan penghapusan data.

  4. Menjaga kualitas data dan informasi sesuai agar data tetap sama pada saat entry dan setelah entry, data tidak terkorup atau hilang selama penyimpanan di database. Software data mempunyai peran vital dalam menjaga data, terutama dari resiko kerusakan data selama penyimpanan.

  5. Memecahkan masalah penyimpanan data konvensional yang memakan ruang database konvensional berbasis kertas sangat memakan ruangan,pemilik data harus mempunyai ruang cukup tumpukan kertas berisi data, dengan tehnologi database, data didalam kertas bisa ditransfer menjadi file digital dan disimpan dalam database server.

  6. Mendukung aplikasi yang membutuhkan ruang penyimpanan. Hampir semua aplikasi modern membutuhkan ruang yang besar untuk menjalankan fungsinya secara optimal, disini peran database sebagai penyedia ruang untuk menyimpan data-data aplikasi dan sistim sebuah komputer.

Sumber :