Apa kegunaan dari EV Compensation?

EV Compensation

Saya merupakan orang yang baru memasuki dunia fotografi terutama untuk kamera DSLR. Pada kamera tersebut banyak tombol-tombol yang masih asing untuk saya. Salah satunya adalah EV Compensation. Sebenernya apa kegunaan dari tombol ini ?

Fungsi ini bisa digunakan dalam fotografi cahaya latar, ketika memotret seseorang yang mengenakan pakaian warna putih atau hitam, serta di banyak situasi lainnya. Setelah memahami tentang exposure compensation dan cara menggunakannya, mengambil foto akan menjadi hal yang lebih menyenangkan dan penyelesaian akhir foto pun akan meningkat secara substansial

EV Compensation adalah cara kamera memberitahu Anda untuk mengekspos image dengan cara yang sedikit berbeda dari cara scene yang tertangkap kamera diukur. Kompensasi biasanya dinyatakan dalam hal jumlah stops of compensation dan sebagian besar kamera memiliki kemampuan untuk mengkompensasi setidaknya antara -2 dan +2.

Berikut ini contoh cara kerjanya: Misalnya Anda menghubungi kompensasi +1. Ini berarti Anda ingin adegan menjadi satu stop lebih terang, yang akan membutuhkan aperture yang lebih luas, exposure yang lebih lama, atau beberapa kombinasi dari keduanya. Jika Anda menggunakan mode prioritas bukaan, kamera Anda akan mempertahankan bukaan yang sama, tetapi kamera akan menggandakan waktu pencahayaan (setengah kecepatan shutter). Memanggil dalam nilai negatif akan memberi Anda gambar yang lebih gelap dan waktu pencahayaan yang lebih pendek.

Penting untuk memahami bahwa kompensasi pencahayaan tidak mengubah karakteristik film atau sensor Anda; itu hanya cara menghadapi situasi di mana metered exposure tidak seperti yang Anda inginkan.

Sumber

FAQ About Photography