Apa kegunaan dari big-data?

Data adalah fakta mentah atau rincian peristiwa yang belum diolah, yang terkadang tidak dapat diterima oleh akal pikiran dari penerima data tersebut, maka dari itu data harus diolah terlebih dahulu menjadi informasi untuk dapat di terima oleh penerima. Data dapat berupa angka, karakter, simbol, gambar, suara, atau tanda-tanda yang dapat digunakan untuk dijadikan informasi. Suatu informasi bisa saja menjadi data apabila informasi tersebut digunakan kembali untuk pengolahan sistem informasi selanjutnya. Dalam dunia komputer data adalah segala sesuatu yang disimpan di dalam memori menurut format tertentu.
Big Data adalah istilah yang menggambarkan volume data yang besar, baik data yang terstruktur maupun data yang tidak terstruktur.
Apa sajakah kegunaan dari big-data / mahadata?

Mahadata atau Big data adalah istilah umum untuk segala himpunan data (data set) dalam jumlah yang sangat besar.

Dengan banyaknya data yang berasal dari berbagai sumber digital, pentingnya analisis telah berkembang pesat membuat perusahaan dapat memanfaatkan data yang selama bertahun-tahun dianggap tidak berguna. Karena perusahaan terikat untuk memberikan hasil dengan cepat, pentingnya big-data telah berkembang pesat di seluruh industri dengan cepat.

Beberapa industri yang didorong oleh analisis bigdata adalah:

  • Pelayanan Sektor Publik.
  • Sumbangan Kesehatan.
  • Layanan Pembelajaran.
  • Layanan Asuransi.
  • Tenaga Kerja dan Sumber Daya Alam.
  • Layanan Transportasi.
  • Sektor Pemasar dan Deteksi Penipuan.

Kontribusi big data terhadap bidang kesehatan

Big data digunakan secara luas di bidang kedokteran dan perawatan kesehatan. Seiring kemajuan teknologi, biaya perawatan kesehatan juga semakin meningkat. Big data sangat membantu dokter untuk melacak semua riwayat pasien.

Begitu pasien dirawat, namanya dan datanya tersimpan dalam database dengan aman selamanya dan kapan pun dibutuhkan, dokter dapat melihat dan mengeceknya. Sejumlah besar perangkat medis berorientasi bigdata. Saat ini, data digunakan sedemikian rupa sehingga dokter dapat meresepkan obat-obatan tanpa mengunjungi pasien dengan mengetahui detak jantung dan suhu melalui jam tangan pendeteksi jantung dan suhu yang terpasang di tangan pasien yang berada di tempat yang jauh.

Kontribusi big data terhadap pembelajaran

Bigdata juga memiliki pengaruh yang besar di dunia pendidikan. Saat ini hampir setiap kursus pembelajaran hadir secara online. Seiring dengan pembelajaran online, ada banyak contoh penggunaan bigdata di industri pendidikan.

Pembelajaran adaptif : Lebih jauh dari sekedar kursus reformasi dan pengembangan penilaian, ruang kelas berbasis data membuka pemahaman tentang apa yang anak pelajari saat mereka belajar dan sejauh apa. Perusahaan memproduksi kursus digital yang menggunakan analisis prognostik berbasis bigdata untuk menemukan apa yang dipelajari pelajar dan komponen rencana pembelajaran mana yang paling baik dalam situasi tersebut.

Problem control : Terkadang, seorang siswa mengajukan PR rumahnya yang bukan miliknya sendiri. Jadi dalam situasi seperti ini, bigdata memperalatkan crosscheck tugas untuk mengetahui tulisan siapa yang sesuai dengan penulisan tugas. Meskipun ini hanya terdapat di luar indonesia.

Kegunaan big data untuk layanan insuransi

Dalam administrasi klaim, analisis bisnis data ekstrapolatif telah digunakan untuk memberikan layanan yang lebih cepat mengingat jumlah informasi yang sangat besar.

Kontribusi big data terhadap bidang industri

Tingginya permintaan sumber alam di bumi ini menantang tingginya volume serta kecepatan data yang besar. DData yang tidak digunakan menghindari keunggulan utama barang dagangan, kompetensi daya, ketergantungan, dan batas pendapatan yang lebih baik. bigdata memungkinkan pemodelan analitis untuk mempertahankan pembuatan penilaian yang digunakan untuk menggabungkan sejumlah besar informasi dari informasi geografis, informasi grafis, naskah dan statistik kronologis. Bigdata juga telah dipakai dalam menemukan solusi untuk pengembangan konfrontasi dan untuk meningkatkan perbaikan.

Kontribusi terhadap bidang transportasi

Sejumlah klaim bigdata oleh sektor publik, asosiasi swasta, dan penggunaan pribadi meliputi:

  • Sektor publik menggunakan bigdata untuk manajemen lalu lintas, direction preparation, pengaturan transportasi intelektual dan administrasi yang terlalu padat.
  • Sektor swasta menggunakan bigdata dalam administrasi pendapatan, perbaikan industri, logistik dan untuk keuntungan yang logic.
  • Penggunaan pribadi dari bigdata terdiri untuk peramalan arah, untuk aktivitas tur dalam melihat-lihat pemandangan, dll.

Kontribusi big data terhadap perbankan dan deteksi penipuan

Bigdata sangat digunakan dalam deteksi kecurangan di sektor perbankan. Di sektor perbankan, hal tsb mengetahui semua tugas kenakalan yang dilakukan seiring dengan banyaknya data yang diimplementasikan. Ini mendeteksi penyalahgunaan kartu kredit, penyalahgunaan kartu debit, arsip jalur inspeksi, spekulasi kredit usaha yang berbahaya, kejelasan suatu bisnis, perubahan statistik pelanggan, analisis bisnis publik, analisis tindakan TI, dan analisis pemenuhan strategi TI.

source

https://intellipaat.com/blog/7-big-data-examples-application-of-big-data-in-real-life/

Apa yang Anda pikirkan saat memikirkan “big data”? Bagi banyak orang, big data adalah istilah samar-samar yang tergambar sebagai sebuah peternakan server besar yang besar. Tetapi, big data jauh lebih dalam dan lebih luas dari itu semua. Saya percaya bahwa ada 10 area utama dimana big data dapat dimanfaatkan untuk hampir semua hal.

1. Memahami dan Menargetkan Pelanggan
Ini adalah salah satu hal terbesar dan paling banyak dipublikasikan dari big data pada saat ini. Di sini, big data digunakan untuk memahami lebih tentang pelanggan dan preferensi kelakuan pelanggan.

2. Memahami dan Mengoptimalkan Proses Bisnis
Big data juga semakin banyak digunakan untuk mengoptimalkan proses bisnis. Pengusaha-pengusaha dapat mengoptimalkan stok mereka berdasarkan prediksi yang dihasilkan dari data media social, tren penelusuran web, dan perkiraan cuaca.

3. Kuantifikasi Pribadi dan Optimalisasi Kinerja
Big data tidak hanya untuk perusahaan dan pemerintah, tetapi untuk kita semua secara individu. Kita sekarang bisa mendapatkan keuntungan dari data yang dihasilkan dari perangkat-perangkat yang dapat digunakan, seperti smart watch atau smart bracelet.

4. Meningkatkan Kesehatan
Kekuatan komputasi dari analisis big data memungkinkan kita untuk memecahkan kode string DNA dalam hitungan menit dan bisa memungkinkan kita untuk menemukan cara penyembuhan baru dan juga agar lebih baik dalam memahami dan memprediksi pola penyakit.

5. Meningkatkan Performa Olahraga
Sebagian besar olahraga sekarang telah memeluk analisis big data. Kita memiliki alat IBM SlamTracker untuk turnamen tenis, kita menggunakan analisis video yang bisa melacak kinerja setiap pemain dalam pertandingan sepak bola atau bisbol, dan teknologi sensor pada peralatan olahraga seperti bola basket atau tongkat golf.

6. Meningkatkan Sains dan Penelitian
Sains dan penelitian saat ini sedang ditransformasikan karena kemungkinan-kemungkinan yang besar dari yang dibawa oleh big data. Seperti CERN, labotarium nuklir dengan Large Hadron Collider, akselerator partikel terbesar dan terkuat di dunia.

7. Mengoptimalkan Kinerja Mesin dan Alat Perangkat
Analisis big data dapat membantu mesin dan perangkat lain menjadi lebih cerdas dan lebih otonom. Misalnya, Toyota Prius dilengkapi dengan kamera, gps, komputer, dan sensor yang kuat untuk berkendara secara aman di jalanan tanpa campur tangan manusia.

8. Meningkatkan Keamanan dan Penegakan Hukum
Data besar sangat diterapkan dalam meningkatkan keamanan dan penegakan hokum. Pasukan polisi menggunakan alat big data untuk menangkap penjahat dan bahkan bisa memprediksi aktivitas kriminal.

9. Meningkatkan dan Mengoptimalkan Kota dan Negara
Big data digunakan untuk memperbaiki banyak aspek kota dan negara. Misalnya, big data memungkinkan kota untuk mengoptimalkan arus lalu lintas berdasarkan informasi lalu lintas secara real time berdasarkan media social dan data cuaca.

10. Perdagangan Keuangan
Kategori terakhir adalah aplikasi big data yang berasal dari perdagangan keuangan. High Frequency Trading (HFT) adalah area dimana big data banyak digunakan saat ini. Di sini, algoritma big data digunakan untuk membuat keputusan perdagangan.

https://www.bernardmarr.com/default.asp?contentID=1076