Apa Kata Pakar Gizi Soal Fakta Khasiat Honey-Lemon Shot?

pages

Sebenarnya honey-lemon shot bukanlah hal yang baru di dunia kesehatan. Namun, blogger Andra Alodita mulai membawa hobi baru minum honey-lemon shot ini jadi sesuatu yang patut dicoba banyak orang. Apa kata pakar gizi soal hal ini?

Hasil mewawancarai pakar gizi, Audrey Dharmanto, Bsc., RD., LD untuk lebih mengenal manfaat kesehatan yang didapat dari honey-lemon shot.

Lemon dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan karena kandungan vitamin C, serat, dan juga antioksidan yang disebut bioflavanoids. Dalam dunia medis, lemon memang dapat meredakan gejala flu seperti batuk pilek, mengurangi radang, meredakan nyeri, membantu pencernaan, membuat kulit lebih sehat, hingga meningkatkan fungsi pembuluh darah. Sama halnya dengan lemon, madu juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari mengurangi radang tenggorokan dan batuk, sebagai antibakteria, meningkatkan daya tahan tubuh, hingga menjadi sumber energi karena kandungan karbohidrat di dalamnya. Lalu, bagaimana dengan honey-lemon shot ini? Walaupun madu dan lemon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, tetapi belum cukup banyak bukti dari penelitian ilmiah yang bisa mendukung semua klaim mengenai honey-lemon shot ini. Termasuk klaim untuk menurunkan berat badan dan detoks, jelas Audrey. Nah, karena belum cukupnya bukti dari penelitian ilmiah, sebaiknya konsumsi lemon dan madu ini dalam takaran yang wajar saja, Fimelova. Menurut Audrey, khususnya untuk penderita maag akut, disarankan untuk tidak mengonsumsi lemon berlebihan karena keasaman dari lemon dikhawatirkan akan menyebabkan maag kambuh.

Sumber: