Apa Kalian Percaya Kalau Cinta Bisa Datang Karena Terbiasa?

Sebagai manusia yang tidak bisa terpisahkan dengan ungkapan cinta dan sayang antar sesama manusia, entah sebagai teman, keluarga, ataupun pasangan. Ada sebuah ungkapan jawa bahwa cinta bisa hadir karena terbiasa atau “witing tresno jalaran saka kulino”. Terbiasa karena bertemu, terbiasa karena berkomunikasi, terbiasa karena saling ada. Yang mana karena kebiasaan ini nantinya bisa muncul benih-benih cinta dan bisa bersemai tanpa kita sadari.

Saya tersendiri adalah salah satu orang yang percaya bahwa cinta bisa datang karena terbiasa akan kehadiran seseorang. Yang mana, ketika orang itu tidak hadir di dalam kehidupan kita, karena adanya rasa biasa berinteraksi. Kita bisa merasakan rindu yang hadir secara tiba-tiba.

Lalu, bagaimana dengan kalian? Apakah kalian percaya bahwa cinta bisa hadir karena terbiasa? atau ini adalah sebuah persepsi yang salah karena cinta tidak mungkin bisa muncul hanya karena terbiasa saja.

Saya cukup percaya dengan hal ini. Ketika kita mulai terbiasa dengan kehadiran seseorang dalam hidup, kita merasakan kenyamanan dan akhirnya mempercayai sosok orang tersebut. Dari kenyamanan dan kepercayaan itulah cinta dapat hadir di dalamnya. Walaupun hal tersebut tergantung bagaimana orang memaknai kehadiran seseorang, tetapi biasanya cinta yang tumbuh dari kebiasaan meruoakan cinta yang tulus karena kita sudah tahu tentang sosok orang tersebut.

Saya cukup percaya dengan hal tersebut.

Pertama orang tua saya pun tidak pernah menikah karena cinta, alias dinikahkan saja. Apalagi jaman dulu orang tua lah yang cenderung memilih calon pasangan bagi kita. Dan alhamdulilah bertahan sampai sekarang hingga banyak cucu.

Kedua kecintaan kita terhadap orang tua dan sodara, itu bukanlah hal yang kita pilih melainkan kecintaan yang terbentuk selama kita menghabiskan waktu bersama. Lalu contoh lainnya terhadap sekolah dan pekerjaan, pada awalnya kebanyakan mungkin malah tidak ada ketertarikan, akan tetapi lama-lama menjadi cinta.

Ketiga sama yang seperti disampaikan kak @tiarapuspitap dimana kenyamanan dan keamanan menumbuhkan cinta.

Saya juga setuju dengan pendapat kak @Deden_ImamBuchori. Saya selalu merasa bahwa cinta datang karena terbiasa bahkan menurut saya seperti itu polanya. Ketika awal didekati oleh lelaki, pastinya kita belum terbiasaa dengna keberadaannya kan? Ketika sudah mulai pendekatan agak lama, dengan berbagai perhatian dan kasih sayang yang diberikan, pasti hati kita akan luluh juga.