Apa Jenis Kanker Pada Anak yang Paling Umum Terjadi?

Kanker adalah perkembangan sel tidak tidak terkontrol dan dapat menyebar ke hampir seluruh bagian tubuh lain. Kondisi ini dapat menjadikan tubuh tidak berfungsi normal hingga menyebabkan kematian. Apa Jenis Kanker Pada Anak yang Paling Umum Terjadi?

Ada banyak tipe kanker yang dapat terjadi pada anak. Namun, jenis kanker berikut adalah yang paling sering tejadi.

Leukemia adalah tipe kanker yang paling sering terjadi pada anak, yaitu sekitar 30% dari total kasus. Leukemia adalah kanker pada darah dan sumsum tulang belakang.

Gejala seperti nyeri pada tulang dan sendi, kulit pucat, kelelahan, demam, memar, serta penurunan berat badan mungkin terjadi.

Tumor Otak terjadi pada sekitar 26% dari total kasus kanker anak. Berbeda dengan kondisi pada orang dewasa yang biasanya dimulai dari otak bagian atas, tumor otak pada anak dimulai dari bagian bawah otak.

Gejala kanker ini meliputi sakit kepala, mual, muntah, pandangan berbayang atau kabur, sulit berjalan, hingga kejang.

Selain kedua tipe kanker di atas, beberapa jenis kanker lain seperti di bawah ini juga mungkin terjadi pada anak.

Neuroblastoma adalah kanker pada sel saraf yang terbentuk sejak perkembangan janin. Kanker ini menyumbang sekitar 6% dari seluruh kasus kanker pada anak.

Penderita neuroblastoma dapat mengalami demam dan nyeri pada tulang. Kanker ini jarang terjadi pada anak di atas usia 10 tahun.

Retinoblastoma adalah salah satu tipe kanker pada mata, dan merupakan 2% dari seluruh kasus kanker pada anak. Kanker ini umumnya terjadi pada anak usia 2 tahun dan jarang diderita oleh anak usia di atas 6 tahun.

Pantulan sinar putih atau pink pada mata, biasanya dalam foto, dapat menjadi tanda kanker ini. Pasalnya, saat disinari cahaya, mata seharusnya memantulkan warna merah sesuai dengan warna pembuluh darah.

Limfoma adalah kanker yang menyerang sel pada sistem kekebalan tubuh yang disebut limfosit. Gejala kanker ini tergantung pada letak dimulainya kanker.

Benjolan di leher, selangkangan dan ketiak akibat pembengkakan kelenjar getah bening dapat mernjadi tanda limfoma.

Selain itu, kanker pada ginjal atau Wilm’s tumor dan kanker pada tulang atau otot seperti osterosarcoma, rhabdomyosarcoma, dan Ewing’s sarcoma juga mungkin terjadi pada anak.