Apa Jajanan Tradisional yang Kalian Sukai?

Sebagai negara yang luas dan memiliki banyak suku tentu saja akan menimbulkan keragaman dalam berbagai hal salah satunya makanan. Setiap suku atau daerah pasti memiliki makanan dan jajan tradisional yang khas dan beraneka ragam. Misalnya saja kue cucur, risol, pastel, lumpia, bakwan, lemper, kue ape, dan masih banyak lagi.

Kalo ngomongin jajanan tradisional ada banyak banget yang aku suka, misal kue ape, mendut, kemplang, onde-onde, dan juga bikang. Nah buat kalian kira-kira apa nih jajanan tradisional yang kalian suka? Yuk kita sharing!

Aku paling suka sunduk urut, gempo, putu, dan klepon! :star_struck: Waktu kecil dulu, tiap selesai subuh aku selalu diajak oleh Kakekku ke warung di dekat rumah untuk membeli salah satu di antaranya. Mungkin karena saat kecil sering memakan jajanan tradisional tersebut, hingga saat ini pun aku masih suka dan selalu membelinya jika menemukannya di jalan atau pasar. Tapi sayangnya, sunduk urut dan gempo paling enak adalah waktu yang kumakan saat kecil dulu dan pembuatnya sekarang sudah tidak ada… :cry:

1 Like

Kalau aku sendiri menyukai klanting dan ketan hitam. Alasannya adalah karena ada manisnya gula jawa dan kelapa yang jadi topping di klanting. Selain itu, bentuknya yang unik, isiannya beragam, jadi di setiap penjual pasti ada yang dikreasikan. Dan untungnya lagi, klanting ini masih banyak dijumpai di sekitar rumahku jadinya aku tidak perlu bingung hehe. Kalau untuk ketan hitam sendiri, aku sangat suka saat dibuat kolak atau bubur karena ada manis-manisnya gitu dan teksturnya yang sticky ditambah kuah santan.

1 Like

Aku sendiri suka dengan yang namanya sosis solo, setidaknya itu nama jajanan yang aku tau, pasti kalian tau karena cukup terkenal pada makanan kotak, apalagi saat ada acara resmi. Tekstur lembut kulit luarnya ditambah dengan rasa gurih isian ayamnya membuat ketagihan sampai beberapa kali habis dalam jumlah puluhan. Belum lagi ditambah cabai yang memadukan rasa manis ditambah pedas sehingga lebih balance membuat cita rasa yang dikeluarkan menurutku lebih mantap.

1 Like

Makanan tradisional yang sudah jarang ditemukan yaitu rujak bebek atau rujak tumbuk! Dari dulu sampai sekarang saya masih menyukai rujak tersebut. Apalagi karena sudah jarang, setiap ada yang lewat pasti dibeli. Kalau untuk makanan manisnya, saya suka kue basah-kue bugis. Adonan luarnya yang lembut seperti mochi dan gula didalamnya benar-benar buat ketagihan.

1 Like

Banyak sekali! Semua jajanan yang dijual dipasar tradisional hampir semuanya aku suka, namun yang paling menjadi favoritku dan masuk list wajib yang harus dibeli ketika ke pasar yaitu sate kerang dan kue cucur. Sate kerang yang sering dijual di pasaran memiliki ukuran yang kecil-kecil sehingga saat memakannya sekali hap langsung habis, kue cucur juga rasanya sangat enak karena manis namun tidak terlalu manis

1 Like

Kalau udah ngomongin Indonesia itu enggak akan pernah ada habisnya. Dari sektor budaya, pariwisata bahkan kuliner Indonesia lebih juara. Ngomongin jajanan tradisional yang sukai itu, Bugis sih. Selain rasanya manis dari isiannya juga tekstur makanan yang kenyal.

1 Like

image
Geblek, jajanan khas Purworejo. Mirip-miriplah dengan cireng meskipun bahan dasarnya berbeda.

image
Jagung Titi, dari Nusa Tenggara Timur, sekilas bentuknya mirip dengan emping.
Kedua jajanan ini hanya bisa saya dapatkan ketika pulang kampung saja.

1 Like

ada satu jajanan tradisional yang saya sukai tapi saya ngga tau namanya. makanan ini terbuat dari olahan singkong yang dibuat jadi berbagai macam bentuk dan warna disajikan bersama dengan ketan hitam dan taburan kelapa serut. saya udah lama banget ga makan ini karena jarang ada yang jual. makanan ini walau hanya terbuat dari bahan dasar singkong rasa nya tetap enak saat masuk kemulut.

1 Like

jajanan tradisional yang saya sukai adalah kue putu dan juga kue klepon. saya menyukainya karena kue tersebut lembut dan juga sensasi saat digigit gula jawa lumer dimulut. kue tersebut terbuat dari tepung beras dan juga gula jawa cair didalamnya.

1 Like

Wah ada banyak sih ya jajanan lokal tradisional yang aku suka… But currently, I am getting addicted with a heavenly masterpiece named Lemper :sob: ((lebay dikit))
Tapi, serius!! Bener-bener itu lemper bisa hipnotis aku… dan memang rasanya seenak itu, astaga. Terus, aku juga suka risoles, bolu kukus!! Itu juga enak banget hiks heran, lalu onde-onde, serabi, klepon, bakpia, combro, misro, dan banyak lagi deh pokoknya.

1 Like

Sebenarnya banyak sekali jajanan tradisional yang saya sukai. Namun kali ini saya akan membagikan 1 makanan tradisional yang saya sukai dan sering saya beli ketika bulan ramadhan. Makanan tradisional tersebut adalah hamparan tatak. Jajanan tradisional ini merupakan makanan khas Banjarmasin (Kalimantan Selatan). Jajanan ini diolah dari bahan dasar santan, tepung, dan pisang. Rasanya sangat nikmat dan pas sekali untuk memberikan energi setelah seharian berpuasa hehehe - gak puasa pun tetap nikmat kok.

1 Like