Apa Itu yang Dimaksud dengan Baja Laterit?

Apa Itu yang Dimaksud dengan Baja Laterit ?
image
Baja laterit merupakan baja berbahan dasar bijih nikel laterit. Bijih nikel laterit biasa diabaikan penambang karena faktor ekonomis dan lebih mencari nikel yang berada dibawah lapisan limonit. Karena baja laterit ini merupakan bahan alternatif pada produksi baja, maka baja laterit perlu dikembangkan dengan berbagai macam pembentukan logam, salah satunya dengan proses penempaan panas (hot forging) yang berfungsi untuk meningkatkan sifat mekanis dari baja tersebut.

Baja laterit ini jika dikembangkan secara baik akan menjadikan kemandirian bangsa Indonesia dalam bidang industri baja, karena cadangan bijih nikel berkadar rendah ini berpuluh kali lebih banyak dibandingkan dengan bijih nikel berkadar tinggi.

Baja laterit adalah baja dengan kandungan nikel berkadar rendah yaitu antara 1-4,5 persen. Jenis baja laterit yang dikembangkan dari bijih laterit ini adalah Ni-Hard, sejenis baja cor yang memiliki nilai kekerasan yang tinggi serta ketangguhan yang optimal. Bahan ini banyak digunakan untuk material grinding balls atau Hard-Liner untuk peralatan crusher atau penggerus.

Keunggulan baja ini diantaranya kekuatan tinggi, ketahanan korosi atau ketahanan cuaca, dan Sifat mampu las yang baik. Bahkan kandungan nikel dalam baja juga menimbulkan sifat kriogenik, yaitu ketahanan untuk menghadapi temperatur sangat rendah.

Sumber :

W.Pramono,Andhika.2014. Pengembangan Baja Laterit .Tangerang:LIPI
Herbirowo,Satrio.2017. Pengaruh Sifat Mekanik dan Morfologi pada Baja Laterit Hasil Tempa dengan Variasi Perlakuan Panas . Tangerang:LIPI