Apa itu ukuran pada lukisan ?

Lukisan merupakan gabungan dari berbagai unsur dasar. ukuran merupakan salah satu unsur dasar pada lukisan. Apa itu ukuran pada lukisan ?

UKURAN

Setiap bentuk tentu memiliki ukuran, bisa besar, kecil, panjang, pendek, tinggi, rendah. Ukuran tersebut tidak mempunyai nilai mutlak atau tetap, yakni bersifat relatif atau tergantungpaa area dimana bentuk tersebut berada.

Ukuran diperhitungkan sebagai unsur rupa. Dengen memperhitungkan ukuran menurut perspektif seni rupa, bisa diperoleh hasil-hasil keindahan tertentu. Di antara ukuran panjang-pendek atau tinggi-rendah dapat disusun gradasi ukuran. Adapun hasil susunan dilihat dari hasil ukuran antara lain adalah sebagai berikut:

  1.  Susunan bentuk-bentuk dengan ukuran satu interval tangga, artinya dengan ukuran yang sama, disebut susunan repetisi.
    
  2.  Susunan bentuk-bentuk dengan ukuran dua atau tiga interval tangga berdekatan atau bervariasi dekat, disebut susunan transisi.
    
  3.  Susunan bentuk-bentuk dengan ukuran dua interval tangga yang berjauhan, disebut oposisi.
    

Ukuran dapat memengaruhi bentuk ruang. Susunan bentuk-bentuk dengan ukran besar-besar tampak tegas, kuat, dan keras.ukuran besar di antara ukuran kecil terasa menguasai ruang dan menciptakan dominasi. Sedangkan susunan bentuk-bentuk dengan ukuran kecil-kecil tampak seperti tekstur dan memberi pernik-pernik irama yang tampak mengasyikkan enak dilihat.