Apa itu tehnik Wet on Wet dalam melukis menggunakan cat air ?

Cat air merupakan salah satu bahan dalam membuat sebuah lukisan. Melukis dengan cat air sendiri memiliki bermacam macam tehnik dengan perbedaan tersendiri. Apa itu tehnik Wet on Wet dalam melukis menggunakan cat air ?

Wet in Wet


Cara menggunakan cat air dengan Wet-on-Wet :

Dengan menambahkan warna cat air pada lapisan warna di area kertas basah akan Anda dapatkan campuran warna yang lembut dan menyebar. Luasnya penyebaran dan pencampuran warna tersebut bergantung pada seberapa basahnya kertas yang sedang Anda gunakan atau seberapa encer warna baru yang ditambahkan. Anda bisa memulainya dari sapuan tipis baru kemudian meluas membentuk pola tertentu.

Tips melukis dengan cat air menggunakan wet-on-wet:

  • Sapukanlah area yang Anda warnai dengan air bersih menggunakan kuas cat air. Lalu aplikasikan warna yang Anda inginkan. Perhatikanlah, warna akan mengalir ke area tersebut menuju tepi area yang basah tersebut.

  • Gunakan pengetahuan mencampur warna cat air yang Anda miliki untuk membuat sesuatu yang baru. Misalnya, buatlah gambar matahari terbenam dengan campuran warna ungu pekat, merah dan oranye dengan menggunakan warna merah, biru, dan kuning menggunakan teknik wet-on-wet dan biarkan warna-warna cat air tersebut bercampur di atas kertas cat air yang telah Anda basahi dan bukan di pallete cat air. Siapkan warna-warna cat air yang akan Anda gunakan sebelum mulai melukis dengan cat air. Rencanakan dimana warna-warna tersebut akan diimplementasikan, dan mulailah dengan kerja cepat sebelum lukisan Anda kering.