Apa itu Reading Slump dan Cara mengatasinya?

Reading slump merupakan salah satu istilah yang lahir di kalangan penggemar pembaca buku. Secara definisi, istilah ini diartikan sebagai keadaan dimana pembaca tidak dapat fokus membaca buku, dan pikiran entah kemana, sehingga membuat pembaca merasa hilangan selera serta kegiatan membaca tidak lagi dianggap menyenangkan dan menggairahkan.

Di beberapa negara, persoalan Reading Slump ini sering dialami oleh pelajar pada jenjang sekolah dasar. Menurunnya rasa minat membaca pada seseorang dapat dipengaruhi oleh beberapa sebab. Contohnya, apabila pembaca menimbun banyak buku bacaan sebagai reading list, hal ini membuat pembaca merasa tertekan dan seolah-olah bingung memilih buku mana yang harus dituntaskan terlebih dahulu.

Reading slump juga bisa terjadi karena pembaca merasa tidak menemukan bahan bacaan yang dianggap menarik untuk dibaca. Hal ini bisa terjadi lantaran pembaca salah dalam membeli genre buku atau tidak mengikuti perkembangan buku-buku terbaik yang sedang trending.

Masalah Reading Slump ini jika kita tidak segera atasi tentunya berdampak serius dan akan menjadi masalah yang besar terhadap cara dan tingkat berliterasi masyakarat Indonesia. Sebab, dari proses membaca buku saja seringkali masih ditemui banyak kendala, bagaimana hingga outputnya nanti? Sudah seharusnya kita sebagai pelajar dan warga negara Indonesia turut andil berperan dalam meningkatkan literasi, dan menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia memiliki antusiasme dan semangat dalam mengatasi permasalahan membaca ini. Nah, menurut bagaimana cara kalian menyikapi Reading Slump ini?

1 Like

Tanpa disadari, saya ternyata sering mengalami reading slump. Ada beberapa cara yang biasanya saya gunakan untuk mengatasi reading slump yang sedang saya alami. Cara yang pertama adalah dengan membaca ulang buku kesukaan saya untuk menaikan minat baca saya. Cara kedua yaitu memaksakan diri untuk membaca dengan membuat target dalam sehari. Dengan membuat target yah saya harus baca dalam sehari, saya akan lebih fokus saat membaca. Cara yang terakhir adalah mencari buku dengan alur cerita yang menarik. Dengan begitu, rasa penasaran akan muncul dan saya akan lebih tertarik untuk menyelesaikan buku tersebut.

Ternyata saya juga merupakan salah satu orang yang sering mengalami reading slump, saya juga baru tau mengenai reading slump ini. mungkin untuk mengatasinya adalah jika tidak dapat fokus dalam membaca buku, coba untuk buang pikiran yang mengganggu dengan menyelesaikan hal yang mengganggu di pikiran terlebih dahulu, atau juga bisa jalan jalan sebentar. Menyingkirkan benda-benda yang membuat tidak fokus, atau cari dan pindah ke tempat yang baru dan lebih nyaman untuk membaca buku. Mencari suasana yang baru, karena sering kali rasa malas timbul akibat kita bosan dengan tempat dan situasi yang selalu sama.

Solusi lain adalah cari genre buku yang lebih cocok dengan diri sendiri, membaca kembali buku favorite yang sudah dibaca, atau juga beralih ke audiobook jika sudah merasa lelah untuk membaca.

Baru denger istilah reading slump ini dan ternyata pernah ngalamainya. Kalau saya pribadi sih biasanya akan mendengarkan lagu agar pikiran tenang dan lanjut lagi baca bukunya. Cara lainnya yaitu kadang berjalan sebentar di daerah komplek rumah agar pikiran yang menganggu tersebut hilang. Membaca ulang buku favorit juga bisa jadi salah satu pilihan agar mengembalikan minat baca.

topik yang sangat menarik!

seringkali saya seperti itu, tetapi yang saya lakukan hanya membaca ulang apa yang telah saya baca tersebut dengan berusaha lebih fokus lagi dalam buku tersebut. atau kalau saya kurang merasa tertarik dengan buku yang satu itu saya beralih ke buku yang lain yang memang sedang ingin saya baca agar tidak membuang waktu dan tenaga.

kalau untuk perasaan tertekan karena memiliki banyak reading list, sejauh ini saya belum pernah merasakannya tetapi lebih ke merasa mubadzir buku yang sudah dibeli kenapa tidak dibaca, akhirnya saya akan mengatur waktu untuk mencari kapan saat yang tepat untuk meluangkan waktu membaca buku tapi tidak ada perasaan tertekan, mungkin juga karena buku yang saya beli sesuai dengan apa yang saya mau.

Reading slump ini memang umum sekali dialami oleh orang yang intensitas membacanya cukup tinggi. Aku sendiri biasanya mengalami reading slump sehabis baca serial yang jumlah bukunya di atas lima. Cara mengatasinya kadang jeda membaca untuk kurang lebih seminggu, atau lanjut baca buku lain tapi yang ringan-ringan saja. Cara dan opini orang beda-beda, ya… tapi menurutku pribadi, kalau sudah reading slump, jangan dikasih kesempatan untuk jeda sampai berbulan-bulan (faktanya banyak orang yang fase reading slump-nya berbulan-bulan atau bahkan tahunan), tapi harus bisa disiplin dengan diri sendiri dengan cara kasih jeda yang pasti dan tidak terlalu lama, lalu mulai baca kembali perlahan-lahan dengan genre yang paling disuka dan yang ringan saja.