Apa itu radium dalam kamus kedokteran?


Apa yang kalian ketahui mengenai radium? Diskusikan dibawah!

Radium adalah nama salah satu unsur kimia yang memiliki beberapa jenis. Jenis radium yang digunakan untuk mengobati penderita kanker prostat metastatik yang hanya menyebar ke tulang adalah Radium Ra 223.

Obat ini hanya bisa digunakan konsumen di bawah pengawasan langsung dokter atau tenaga medis. Radium Ra 223 merupakan salah satu agen radiofarmaka, yaitu agen radioaktif yang digunakan untuk mencari dan menangani beberapa penyakit.

Sumber : www.serbatahu.com

https://www.serbatahu.com/obat/kegunaan/radium

Radium merupakan unsur radioaktif yang terjadi secara alami dalam konsentrasi yang sangat rendah (sekitar satu bagian per triliun) dalam kerak bumi. Radium dalam bentuknya yang murni adalah logam berwarna putih keperakan berat yang mengoksidasi segera setelah terpapar udara. Dari 25 isotop radium yang dikenal, hanya dua radium-226 dan radium-228 memiliki paruh yang lebih besar dari satu tahun dan menjadi perhatian IAEA .

Radium-226 adalah produk peluruhan radioaktif dalam seri uranium-238 (U-238). dan radium-228 adalah produk peluruhan radioaktif dalam seri torium-232. Ra-226 meluruh perlahan dan memepunyai umur paruh 1.600 tahun merupakan radiasi alam memancarkan partikel alpha dan gamma dan mempunyai probabilitas isotopik 3,6 % , sedangkan Ra-228 memiliki umur paruh lebih pendek (5,8 tahun). Sementara Ra-226 menimbulkan bahaya akibat umur paruh panjang paruh radionuklida Ra-266 bersifat toksik, Ra-228 menimbulkan bahaya jangka panjang hanya jika induknya (thorium-232) hadir.