Apa itu polluaging?

Terdapat istilah baru dalam dunia kecantikan, yaitu polluaging. Apa itu polluaging? Dan bagaimana cara mengatasi polluaging?

Dari namanya, mungkin Anda sudah bisa mengira-ngira ya apa definisi dari Polluaging itu. Yes, Polluaging merupakan gabungan dari kata “pollution” dan “aging”. Jadi, pada dasarnya, polluaging merupakan proses atau tanda-tanda penuaan dini yang terjadi akibat polusi. Meskipun umumnya sinar UVA dan UVB dari matahari lebih dikenal sebagai penyebab utama penuaan dini, ternyata polusi juga menjadi salah satu faktor yang berkontribusi besar dalam proses penuaan kulit.

Polusi di sini tidak hanya berarti asap yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor saja, melainkan asap pabrik, asap pembakaran, debu, dan kotoran. Berdasarkan Journal of Investigative Dermatology, ditemukan bahwa polusi mengandung polycylic aromatic hydrocarcons yang dapat memicu produksi radikal bebas saat bersentuhan dengan kulit. Radikal bebas ini akan menyerang dan merusak sel-sel kulit yang sehat. Saat sel kulit rusak dan terganggu, skin barrier pun akan melemah sehingga menyebabkan kulit sensitif dan rentan akan iritasi. Kombinasi ‘serangan’ dari radikal bebas, paparan polusi yang membuat kulit kusam, dan menyumbat pori-pori inilah yang akan berujung pada timbulnya tanda-tanda penuaan dini.

Sumber:
https://journal.sociolla.com/beauty/bahaya-polluaging/