Apa itu politik menurut aristoteles? adakah ajaran beliau yang menyinggung tentang korupsi?

pandangan tokoh politik yang satu ini mengenai politik dan apakah ada pemikirannya yang berhubungan dengan korupsi?

de Politik Aristoteles (Teori Keadilan)

Menurut Aristoteles, keadilan merupakan esensi utama dari negara, politik tidak akan dapat bertahan lama tanpa adanya keadilan dalam hak. Manusia akan dapat hidup dengan baik saat ada hukum dan keadilan yang dijalankan dalam negara. Keadilan berhubungan erat dengan kebajikan, kebajikan yang komplit, dan perwujudan dari seluruh kebaikan. Kebajikan (vertue) yang dilaksanakan adalah keharusan bagi setiap individu, karena bagi Aristoteles, kebajikan menjadi hal yang rasional untuk menegakkan keadilan.

   Keadilan akan menjadikan negara memiliki vision dan mengabungkannya dengan etika. Negara memiliki etika yang tinggi (Fair and Equal), karenanya keadilan dapat memunculkan Vertue (kebajikan). Salah satu tipe keadilan menurut Aristoteles adalah Distributive and Corrective

dari salah satu pemikirannya itu, bisa kita jadikan pelajaran bahwa aspek keadilan sangat penting bagi suatu negara dalam menjalankan tugas kenegaraannya. terlepas dari itu, dalam pemikirannya kita yang dinmisalkan memegang kendali pemerintah harusnya bersifat adil terhadap rakyat. jadi tindak korupsi tidak diajarkan dalam pemikiran aristoteles.