Apa itu Piecemeal MVP?

Dalam pembahasan MVP atau Minimum Viable Product, terdapat istilah Piecemeal. Apa itu Piecemeal dalam pembahasan MVP?

       Piecemeal MVP adalah cara cerdas untuk memperkenalkan produk kepada pelanggan dengan menginvestasikan sejumlah uang minimum (atau bahkan tidak ada) dalam suatu produk. Ide utama Peacemeal MVP adalah menggunakan alat dan solusi yang ada untuk mengirimkan produk atau layanan Anda. Piecemeal MVP secara harfiah terdiri dari komponen-komponen dari berbagai sumber yang disatukan untuk menciptakan fondasi bagi produk Anda. Misalnya, jika Anda membangun pasar penyewaan pakaian pengantin, Anda dapat memanfaatkan platform pasar populer seperti Sharetribe dan Marketplacer daripada membangun pasar Anda sendiri dari nol.

Contoh klasik dari Piecemeal MVP adalah Groupon, pasar Amerika yang menghubungkan pelanggan dengan peritel lokal, agen perjalanan, pedagang grosir, dll. Groupon raison d’être adalah apa yang disebut “transaksi”, yang tersedia dengan harga menarik untuk satu hari. saja, dan hanya dapat diaktifkan setelah dibeli oleh sejumlah orang tertentu. Setelah Anda membeli kesepakatan Groupon, Anda menerima file PDF yang dihasilkan secara otomatis dengan kode QR yang memungkinkan Anda mendapatkan diskon.

       MVP Groupon didukung oleh sumber pihak ketiga karena pendirinya tidak mengharapkan untuk mendapatkan pendapatan apa pun dari proyek mereka. Alih-alih membangun sistem manajemen konten dari awal, Groupon dijalankan di Wordpress.


Kesimpulan

       Strategi ini adalah perpaduan antara pendekatan “Wizard of Oz” dan “Concierge”. Sekali lagi, Anda meniru langkah-langkah yang akan dilalui orang menggunakan produk Anda - seperti yang Anda bayangkan. Namun alih-alih mengirimkannya secara manual, Anda meniru mereka menggunakan alat yang ada.

Sumber:
Piecemeal
Piecemeal MVP