Apa itu penyebab penyakit White Spot Syndrome Virus (WSSV) pada udang?

image

White syndrome disease dikenal juga dengan nama white spot disease (WSD) merupakan penyakit menular akibat virus yang menyerang udang jenis Penaeid.

1 Like

image

White syndrome disease dikenal juga dengan nama white spot disease (WSD) merupakan penyakit menular akibat virus yang menyerang udang jenis Penaeid. Penyakit lain yang juga sering ditemukan pada udang adalah penyakit yang disebabkan oleh adanya infeksi hepatopancreatic parvovirus (HPV) dan monodon baculovirus (MBV). Berkenaan dengan infeksi virus WSSV, beberapa jenis udang Penaeid yang dibudidayakan dapat menjadi inang bagi WSSV, yaitu P. monodon, Marsupenaeus, L. vannamei, dan Fenneropenaeus. Beberapa jenis crustacea lainnya seperti rajungan (Portunus spp), lobster (Panulirus spp dan Cherax spp), kepiting (Scylla spp), serta udang air tawar (Macrobrachium spp) juga dapat terinfeksi WSSV.

Penyakit ini disebabkan oleh white spot syndrome virus (WSSV), yaitu suatu jenis virus yang memiliki envelope, berbentuk batang (rod) yang mengandung double-stranded DNA genom. Virus WSSV dikelompokkan ke dalam anggota Keluarga Nimaviridae. Virus ini menginfeksi berbagai jenis crustacean, khususnya udang.