Apa itu penyakit Infectious Hypodermal and Hematopoietic Necrosis Virus (IHHNV)? Spesies apa saja yang dapat terjangkit?

image)

Penyakit infeksi yang banyak ditemukan menyerang komoditas perikanan, khususnya udang Penaeid adalah infectious hypodermal and hematopoietic necrosis virus (IHHNV).

1 Like

image

Virus IHHNV merupakan virus dengan tipe single stranded DNA yang pertama kali dideteksi menyerang Penaeus stylirostris pada awal tahun 1980s. Virus ini memiliki diameter sebesar 22 nm, berbentuk icosahedron tanpa envelope dengan densitas sebesar 1.40 g/ml, memiliki genom linear single-stranded DNA dengan panjang 4.1 kb, dan kapsidnya mengandung empat polypeptide dengan berat molekul 74, 47, 39, serta 37.5 kD.

Berdasarkan karakteristik yang dimilikinya, IHHNV dikelompokkan ke dalam anggota Parvoviridae dan Genus Brevidensovirus. Infeksi IHHNV banyak ditemukan pada spesies-spesies Penaeid yang dibudidayakan, seperti P. monodon (black tiger), P. vannamei (pacific white shrimp), dan P. stylirostris (pacific blue shrimp). Pada beberapa kasus yang menyerang P. stylirostris, virus dapat menyebabkan akut epizootic dan kematian massal (>90%).

Beberapa inang lainnya yang dapat menjadi perantara virus IHHNV adalah grooved tiger prawn (Penaeus semisulcatus), kuruma prawn (Penaeus japonicus), western white shrimp (Penaeus occidentalis), yellow-leg shrimp (Penaeus californiensis), chinese white shrimp (Penaeus chinensis), gulf banana prawn (Penaeus merguiensis), indian banana prawn (Penaeus indicus), northern brown shrimp (Penaeus aztecus), northern pink shrimp (Penaeus duorarum), dan northern white shrimp (Penaeus setiferus).