Apa itu penyakit heartweather?


Heartwater adalah penyakit yang disebabkan oleh Cowdria ruminantum, dan ditularkan melalui caplak. Gejala akut ditandai dengan demam tinggi, hydropericardium, hydrothorax dan hydroperitonium yang menyerang domba, kambing, sapi dan kerbau.


Penyakit ini pertama kali dilaporkan oleh Cowdry pada tahun 1925 saat bertugas di Afrika selatan. Heartwater masih terbatas di negara Afrika yang menyebabkan kerugian pada ternak domba, sapi dan kambing. Penyebaran penyakit tersebut terutama di Afrika Timur dan Selatan. Vektor heartwater antara lain Amblyoma hebraeum, dan species lain dari Amblyoma.
Setiap stadium caplak sejak stadium terkecil sampai dewasa dapat menularkan rickettsia.
Kerugian ekonomi yang ditimbulkan adalah kerusakan fi sik daging, defi siensi protein pada hewan, dan tingginya biaya program kontrol pembasmian caplak.
Heartwater disebabkan oleh golongan Ricketsia yaitu species Cowdria ruminantium. C.ruminantium menyerang sel endothel dari pembuluh darah kapiler, mempunyai bentukan berupa polymorph, coccoid (0,3 μ), batang (0,3- 0,5 μ), dan diplococcus. Pewarnaan dengan Giemsa, cytoplasma Rickettsia akan berwama biru tua, sedangkan nucleus berwarna merah muda.
Ricketsia sifatnya sangat labil, dalam darah hanya tahan beberapa jam bila berada dalam temperatur kamar. Dalam temperatur -700C dapat bertahan hidup selama 2 tahun. Diketahui ada beberapa galur C.ruminantium yang secara imunologik berbeda atau dengan kata lain terdapat beberapa serotipe C.ruminantium.