Apa itu penyakit Ebola?


Ebola menjadi salah satu penyakit yang berbahaya dan yang paling mematikan di dunia bahkan angka kematiannya mencapai 100 persen. Apa itu penyakit ebola sebenarnya?

Mari Mengenal Apa Itu Ebola
Virus Ebola menyebabkan penyakit akut, penyakit serius yang sering fatal jika tidak diobati. Penyakit virus Ebola (EVD) pertama kali muncul pada tahun 1976 dalam 2 wabah simultan, satu di tempat yang sekarang, Nzara, Sudan Selatan, dan yang lainnya di Yambuku, Republik Demokratik Kongo. Yang terakhir terjadi di sebuah desa dekat Sungai Ebola, dari mana penyakit itu mengambil namanya.

Wabah tahun 2014 hingga 2016 di Afrika Barat adalah wabah Ebola terbesar dan paling kompleks sejak virus ini pertama kali ditemukan pada tahun 1976. Ada lebih banyak kasus dan kematian dalam wabah ini daripada lainnya. Ini juga menyebar antar negara, dimulai di Guinea kemudian bergerak melintasi perbatasan darat ke Sierra Leone dan Liberia.

Keluarga virus Filoviridae termasuk tiga genera: Cuevavirus, Marburgvirus, dan Ebolavirus. Dalam genus Ebolavirus, lima spesies telah diidentifikasi: ebolavirus Bundibugyo, Reston ebolavirus, ebolavirus Sudan, ebolavirus Hutan Taï dan Zaire ebolavirus. Bundibugyo ebolavirus, Zaire ebolavirus, dan ebolavirus Sudan telah dikaitkan dengan wabah besar di Afrika. Virus yang menyebabkan wabah Afrika Barat tahun 2014 - 2016 milik spesies Zaire ebolavirus.

Gejala penyakit virus Ebola
Masa inkubasi, yaitu interval waktu dari infeksi dengan virus hingga timbulnya gejala adalah 2 hingga 21 hari. Manusia tidak menularkan sampai mereka terlihat gejalanya. Gejala pertama adalah serangan demam yang tiba-tiba, nyeri otot, sakit kepala dan sakit tenggorokan. Ini diikuti dengan muntah, diare, ruam, gejala gangguan fungsi ginjal dan hati, dan dalam beberapa kasus, baik perdarahan internal dan eksternal (misalnya keluar dari gusi, darah di tinja). Temuan laboratorium termasuk sel darah putih rendah dan jumlah trombosit dan peningkatan enzim hati.

Sumber : Apa itu ebola