Apa itu penyakit Bintik Putih (lch) dan apa saja gejala yang ditimbullkan?

Cara Mengobati Penyakit White Spot (1))

Pada hewan sering kali terkena penyakit, tidak terkecuali ikan. Terdapat beberapa penyakit yang sering menyerang ikan, salah satunya adalah white spot atau bintik putih.

1 Like

Penyakit bintik putih atau Ich adalah parasit yang harus dihadapi oleh para penggemar ikan tropis, baik cepat atau lambat. Penyakit bintik putih adalah penyebab kematian ikan tertinggi dibandingkan penyakit lain. Penyakit tersebut biasanya terjadi pada ikan akuarium yang terlalu sering berkontak dengan ikan lain, dan juga stres yang disebabkan karena ikan tinggal di dalam akuarium, bukan alam bebas. Ich dapat ditemukan pada ikan tropis air tawar ataupun air asin, dan cara mengobatinya pun bermacam-macam, tergantung pada ekosistem dan makhluk lain yang tinggal di dalam akuarium.

Gejala

  1. Gejala penyakit Ich dapat dilihat pada tubuh ikan, dan juga dengan memantau perilaku ikan. Gejala dapat berupa bintik putih pada tubuh dan insang ikan. Bintik-bintik putih mungkin berkelompok untuk membentuk satu gumpalan putih. Kadang-kadang, Ich hanya ditemukan pada insang ikan.
  2. Ikan bergerak dengan cepat dan berlebihan. Ikan mungkin akan menggosokkan tubuhnya pada tanaman atau bebatuan di dalam akuarium secara berlebihan untuk melepaskan parasit dari tubuhnya, atau bisa juga karena penyakit menyebabkan iritasi pada ikan.
  3. Sirip yang menyusut. Hal yang dimaksudkan adalah ikan sering menyusutkan siripnya, bukan membiarkannya terbuka lebar dan bebas di sisinya.Kesulitan dalam bernapas.
  4. Jika ikan megap-megap pada permukaan air atau menambang di dekat filter akuarium, mungkin saja ikan kekurangan oksigen. Ich yang menempel pada insang menyulitkan ikan untuk menyerap oksigen dari air.
  5. Kehilangan nafsu makan. Jika ikan tidak mau makan atau memuntahkan makanannya, hal tersebut mungkin pertanda bahwa ikan stres dan sakit.
  6. Ikan menyendiri. Hewan biasanya bersembunyi ketika merasa sakit, dan perubahan perilaku biasanya merupakan tanda-tanda stres atau sakit pada hewan. Ikan mungkin akan bersembunyi di balik hiasan akuarium atau tidak beraktivitas dengan semangat seperti biasa.