Apa itu Paraben dan bahayanya bagi kulit?

Biasanya ketika mencari produk kosmetik atau skincare sering melihat label bertuliskan “Paraben Free” atau bebas paraben. Sebenarnya apa yang dimaksud paraben dan apakah berbahaya?

Paraben adalah bahan pengawet sintetis, yang kerap dilabeli sebagai bahan kimia. Jika mendengar bahan kimia, tentu yang terbayangkan adalah bahan yang berbahaya untuk kulit. Padahal, sebenarnya hampir seluruh bahan kandungan dibuat dengan bahan dan proses kimiawi, lho. Paraben sendiri pun terbuat dari asam yang ditemukan pada blackberries dan raspberries.

Paraben sendiri dianggap berbahaya karena kandungan ini memiliki sifat menyerupai estrogen saat masuk dalam tubuh manusia. Sedangkan tubuh yang mengandung estrogen berlebih dapat mengakibatkan kerusakan fungsi hormon dan memicu meningkatnya risiko penyakit kanker payudara maupun gangguan reproduktif lainnya. Sejatinya paraben dalam jumlah kecil atau masih dalam batas yang diperbolehkan, tergolong aman untuk digunakan. Apalagi kadar paraben yang dimanfatkan produk perawatan tubuh dan kosmetik cenderung berada dalam kadar yang rendah dan masih aman untuk diterima tubuh. Selain itu pihak Badan pengawas Obat dan Makanan pun tentunya sudah mempertimbangkan banyak hal sebelum meloloskan sebuah produk ke pasaran.

Sumber: