Apa itu Operasi LASIK?


Operasi LASIK mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda yang memiliki masalah penglihatan. Di Indonesia, LASIK pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 oleh Jakarta Eye Center. Hingga saat ini ada lebih dari 30.000 prosedur lasik yang telah dilakukan di Indonesia. Namun, apa sebenarnya operasi LASIK?

Operasi LASIK mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda yang memiliki masalah penglihatan. Di Indonesia, LASIK pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 oleh Jakarta Eye Center. Hingga saat ini ada lebih dari 30.000 prosedur lasik yang telah dilakukan di Indonesia. Namun, apa sebenarnya operasi LASIK? Mari kita mengetahui lebih lanjut berbagai fakta seputar operasi LASIK di bawah ini.

Operasi LASIK?
LASIK (laser-assisted in situ keratomileusis) adalah prosedur bedah rawat jalan yang digunakan untuk mengobati rabun jauh, rabun dekat, dan astigmatisme. Prosedur LASIK menggunakan sebuah laser yang digunakan untuk membentuk kornea untuk memperbaiki cara mata memfokuskan sinar cahaya ke retina di belakang mata.

Dengan LASIK, dokter mata menciptakan flap (pembukaan lapisan) tipis di kornea, baik menggunakan pisau atau laser. Dokter bedah kemudian melipat kembali flap tersebut, lalu dengan akurat mengangkat sejumlah khusus jaringan kornea yang berada di bawah flap dengan menggunakan laser excimer. Flap ini kemudian dikembalikan ke tempat asalnya.

Bagi orang yang rabun jauh, LASIK digunakan untuk meratakan kornea yang melengkung terlalu tajam. Namun, bagi orang yang memiliki rabun dekat, LASIK digunakan untuk melengkungkan kornea yang terlalu datar. LASIK juga dapat membenarkan kornea yang tidak teratur menjadi normal untuk penderita astigmatisme.

Sumber : Operasi Lasik