Apa itu morbiditas dan mortalitas?

Angka kesakitan (morbiditas) dari suatu penyakit ialah jumlah semua dari penyakit tersebut. Mortalitas suatu penyakit

Angka kesakitan (morbiditas) dari suatu penyakit ialah jumlah semua dari penyakit tersebut. Mortalitas suatu penyakit merupakan suatu kemungkinan di mana kematian merupakan hasil akhir dari suatu penyakit. Mortalitas biasanya diformulasikan sebagai persentase seluruh penderita pada suatu penyakit. (Erfandi, 2009).

Untuk tujuan pembelajaran, beberapa tipe perubahan/abnormal dari suatu sel/jaringan, dikategorikan dengan ciri-ciri umum. Lesi umum yang dimaksud adalah degenerasi, kematian sel, kelainan/gangguan sirkulasi sering ditemukan pada beberapa jaringan, demikian juga reaksi peradangan/ inflammation dan penyembuhan, gangguan hemodinamiklgangguan sirkulasi, gangguan pertumbuhan dan neoplasia sampai perkembangan kanker. Semua itu merupakan topik dalam mata kuliah patologi umum terdapat ciri-ciri umum pada semua lesi peradangan, dengan mengetahui bentuk perubahan dapat diaplikasikan ke masalah apa yang terjadi pada organ yang bersangkutan, misal pada ginjal, hati, otak, dan sebagainya, tanpa mempertimbangkan spesiesnya. Tujuan patologi umum adalah mempelajari mekanisme atau patogenesis yang berhubungan dengan proses penyakit danmendeskripsikan beberapa lesi yang diakibatkan, selanjutnya dapat diterapkan dalam pembelajaran beberapa bentuk lesi penyakit spesifik yang terdapat dalam mata kuliah patologi khusus/sistemik.

Dalam menetapkan bentuk lesi, perlu diperhatikan: 1) tingkat keparahan dengan disebutkan ringan, sedang atau berat Distribusi dan letak lesi tersebut misal, ditemukan secara lokal, menyebar (diffus), atau lokal yang ektensif, dibagian distal atau proksimal Sifat lesi apakah akut, subakut atau kronis. 4) Tipe lesi tersebut misal bentuk degeneratif, nekrose, tumor, hipoplasia atau hipertropi dan sebagainya. 5) Sebutkan jaringan/organ tersebut.