Apa itu moisture barier?

Meskipun sudah melakukan skin care routine dengan berbagai tahapan, masalah kulit mungkin saja tetap terjadi. Jika kulit Anda terasa kering terus menerus, bahkan setelah menggunakan moisturizer, mungkin sebenarnya masalah Anda ada di moisture barrier yang rusak. Sebenarnya, apa itu moisture barier?

Moisture barrier adalah lapisan luar kulit yang memberikan perlindungan untuk menjaga air dan kelembapan dalam kulit, serta melindungi kulit dari bahaya iritasi eksternal seperti debu dan bakteria. Lapisan moisture barrier terbuat dari lipids (minyak) yang mengikat sel-sel kulit, dan saat lapisan ini utuh dan tidak terganggu, lapisan ini berfungsi untuk membuat kulit Anda terasa lembut serta terawat. Contoh lapisan moisture barrier yang utuh dapat Anda lihat pada kulit bayi yang kenyal, halus, dan lembut.

Saat moisture barrier terganggu atau rusak, akan terdapat retakan kecil yang tidak terlihat pada kulit. Meskipun invisible, melalui retakan ini, kelembapan kulit dapat meloloskan diri dan hilang, serta bahaya iritasi dapat masuk ke dalam kulit dengan lebih mudah. Alhasil, kulit Anda yang kehilangan ‘pelindung’-nya pun akan terasa kering, ‘tertarik’, dan menjadi lebih rentan maupun sensitif.

sumber:
https://journal.sociolla.com/beauty/mengenal-dan-mengetahui-cara-merawat-moisture-barrier/