Apa Itu Lukisan Cobweb?

Tak banyak diketahui, namun pada abad ke-16 sampai ke-20, sempat beredar lukisan indah yang disebut cobweb painting. Jenis lukisan ini merupakan salah satu yang populer pada masa itu. Banyak yang penasaran bagaimana dan apa itu cobweb painting. Apa pendapat anda?

cobweb painting merupakan lukisan yang dibuat di atas kanvas berbahan jaring laba-laba. Karena bahan yang begitu tipis dan rapuh, tak heran butuh tingkat kesabaran yang luar biasa untuk menciptakan lukisan ini. Lukisan yang disebut juga gossamer painting ini biasanya menggunakan kain dari kepompong ulat. Kepompong tersebut kemudian benangnya dipintal dan dijadikan kanvas indah yang sangat halus.

Agar serat jaringan menjadi kuat saat dilukis, susu encer dipercikkan di atasnya. Namun, tidak berarti susu tersebut membuat kain dari jaring laba-laba benar-benar kuat. Sentuhan jari yang ceroboh bisa membuatnya koyak dalam sekejap. Membubuhkan cat di atas kanvas ini juga butuh kehati-hatian yang tinggi. Biasanya, warna yang digunakan adalah warna-warna buram untuk memberikan kesan lukisan berkabut dan suram.

Apakah dapat ditunjukkan contoh gambarnya agar lebih jelas mengenai apa itu Cobweb painting? @tistyaputri