Apa Itu Las SMAW?

  • Diantara macam-macam pengelasan yang ada, SMAW merupakan yang paling populer dan banyak digunakan. SMAW sering digunakan baik untuk memenuhi kebutuhan skala rumahan maupun proyek yang besar. Las SMAW (shielded metal arc welding), atau las busur elektroda terbungkus sering disebut dengan nama las listrik. Las SMAW merupakan proses penyambungan dua buah keping logam yang sejenis atau lebih dengan mengunakan sumber panas dari listrik dengan menggunakan elektroda terbungkus sebagai bahan tambah atau pengisi sehingga akan membentuk sambungan yang tetap. Prinsip kerja dari las SMAW ini yaitu saat ujung elektroda didekatkan pada benda kerja terjadi panas listrik (busur listrik) yang membuat antara benda kerja dengan ujung elektroda terbungkus tersebut mencair secara bersamaan. Dengan adanya pencairan ini maka kampuh pada lasan akan terisi oleh cairan logam dari elektroda dan logam induk yang mencair secara bersamaan. Elektroda sendiri merupakan kawat/logam yang terbungkus fluks. Fluks pada elektroda berfungsi sebagai pemantap busur dan juga sebagai sumber terak (slag) yang akan melindungi hasil las yang baru dari kontaminasi udara luar.

image
Gambar : Prinsip kerja dari las SMAW
( Sumber : http://tiraweld.blogspot.com/ )

Las SMAW merupakan proses pengelasan logam yang memerlukan energi panas untuk melunakan atau mencairkan elektroda. Energi yang didapat pada pengelasan SWAM di hasilkan dengan adanya lompatan ion (katoda dan anoda) listrik yang terjadi pada ujung elektroda dan permukaan pada material. Adapun bagian-bagian mesin las SMAW sebagai berikut.
image
Gambar : Bagian-Bagian Mesin Las SMAW
( Sumber : http://tiraweld.blogspot.com/ )

Perlengkapan yang diperlukan untuk proses pengelasan SMAW adalah peralatan yang paling sederhana dibandingkan dengan proses pengelasan listrik yang lainnya. Adapun fungsi fungus bagian dari mesin las SMAW ini adalah sebagai berikut :

  1. Generator Listrik : Sebagai perantara dari sumber listrik untuk mengeluarkan output arus listrik yang dialirkan ke elektroda. Dengan memiliki fungsi pengatur besaran arus (ampere) yang keluar.

  2. Ground : Sebagai penetral arus yang keluar, dihubungkan ke media dimana logam induk berada.

  3. Elektroda Las : Sebagai material utama untuk mempadukannya dengan objek las. Dihubungkan ke kabel listrik beraliran (+).

  4. Gagang Elektroda : Pemegang elektrode berguna untuk mengalirkan arus listrik dari kabel elektrode ke elektrode serta sebagai pegangan elektrode sehingga pengelas tidak merasa panas pada saat mengelas.

  5. Sumber Listrik : Sumber tegangan diklasifikasikan sebagai mesin las AC dan mesin las DC, mesin las AC biasanya berupa trafo las, sedangkam mesin las DC selain trafo juga ada yang dilengkapi dengan.

  6. Kabel masa dan kabel elektroda : Kabel masa dan kabel elektroda berfungsi menyalurkan aliran listrik dari mesin las ke material las dan kembali lagi ke mesin las.

Sumber : https://www.etsworlds.id/2018/04/pengelasan-smaw-pengertian-smaw.html

Keuntungan las SMAW

  1. Dapat dipakai dimana saja, diluar, dibengkel & didalam air.
  2. Satu set dapat mengelas berbagai macam tipe dari material mild steel ke copper alloy dengan rectifier.
  3. Set-up yang cepat dan sangat mudah untuk diatur.
  4. Pengelasan dengan segala posisi.
  5. Elektroda tersedia dengan mudah dalam banyak ukuran dan diameter.
  6. Perlatan yang digunakan sederhana, murah dan mudah dibawa kemana-mana.
  7. Tingkat kebisingan rendah.
  8. Tidak terlalu sensitif terhadap korosi, oli & gemuk.

artikel yang menarik, berdasarkan pemaparan diatas jika terjadi percikan di sekitar pengelasan bagaimana cara membersihkan bekas percikan tersebut?