Apa itu komposisi Golden Ratio?

golden ratio

Dalam dunia photography terdapat berbagai macam komposisi untuk meningkatkan ketertarikan atau bahkan mengubah cara pandang orang untuk melihat hasil foto yang kita hasilkan. Salah satu komposisi tersebut adalah Golden Ratio. Mungkin untuk beberapa orang komposisi tersebut sudah tidak asing lagi, tetapi sejauh ini saya masih menggunakan rule of third saat mengkomposisikan foto. Jadi apa sebenarnya yang dimaksud dengangolden ratio itu?

Komposisi golden ratio ini cukup jarang kita dengar namun sangat istimewa, bahkan beberapa orang menyebut komposisi ini lebih istimewa dari rule of third. Golden ratio atau disebut juga rasio emas merupakan garis lengkung layaknya rumah siput dan cara mendapatkannya adalah dengan menggambar phi grid terlebih dahulu. Phi grid merupakan perpaduan dari persegi panjang dan garis yang akan membantu kita memvisualisasikan golden ratio. Phi grid memang cukup mirip dengan rule of third namun dengan bentuk kotak-kotak yang berbeda, dan sweet spot terletak pada titik pertemuan garis.

golden ratio 1

Juga dikenal dengan istilah phi, golden mean serta divine proportion, yang telah diperkenalkan oleh leonardo davinci. Dia mendapati bahwa terdapat rasio natural yang sangat menarik di alam ini seperti bentuk rumah siput, bentuk telinga dll. Desain yang universal dan sangat indah dipandang mata, dan rasio itu adalah 1:1.618. Rasio ini bisa ditemui pada banyak karya seniman seperti mona lisa dan the last supper dan masih sering digunakan hingga saat ini. Perusahaan seperti apple menggunakan golden ratio dalam mendesain produknya, twitter dalam profile page, serta banyak perusahaan dalam membuat logo.

golden ratio 2

Kelebihan dari phi grid adalah :

  • Mampu menghasilkan karya visual yang harmonis
  • Phi akan memberikan batas/garis yang jelas yang juga berfungsi untuk meluruskan sehingga nampak simetris
  • Bekerja dengan gambar yang memiliki bagian diluar frame.
  • Garis horizontal pada phi sangat bermanfaat untuk meletakkan garis horizon pada fotografi landscape

Kekurangan phi grid adalah :

  • Grid ini akan sangat sulit dibuat karena ukurannya cukup acak, yakni dengan perbandingan 1:1.618 yang didapatkan dari fibonanci ratio. Kita tentu tidak perlu menghafal angka matematis karena template golden ratio bisa kita dapatkan online. Rule of third lebih banyak digunakan karena memiliki ukuran yang lebih mudah diaplikasikan dibandingkan phi grid.

Komposisi foto golden ratio atau golden section adalah susunan foto dimana point of interest diletakkan pada titik persimpangan dua garis horisontal yang memiliki perbandingan 1:1,6 atau 38/62.

Berikut contoh foto-foto yang menggunakan pendekatan golden ratio dalam menentukan komposisinya,

pendekatan golden ratio

pendekatan golden ratio