Apa itu kesehatan lingkungan dan mengapa menjaga lingkungan sangat penting?


Kita sebagai manusia tentunya akan hidup di sebuah lingkungan. Jika kita hidup di dalam lingkungan tentunya kita perlu untuk menjaga kesehatan lingkungan yang kita tinggali. Menurut kalian, apa itu kesehatan lingkungan dan manfaatnya?

Apa saja manfaat dari lingkungan bersih?

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, lingkungan bersih memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaat lingkungan bersih? berikut ini adalah beberapa diantaranya :

  1. Membuat lingkungan menjadi enak dan nikmat dipandang

Manfaat pertama dari lingkungan yang bersih adalah membuat lingkungan tersebut menjadi lebih enak dan juga nikmat dipandang. Bayangkan saja, apa enaknya melihat lingkungan yang kotor dan juga penuh dengan sampah? Sangat tidak menarik bukan? Maka dai itu, dengan adanya kebersihan lingkungan yang terjaga dengan baik, serta lingkungann yang selalu asri dan juga bersih. Hal ini tentu saja akan menyebabkan lingkungan menjadi enak dan juga nikmat dipandang. Apabila lingkungan menjadi enak dan juga nikmat dipandang, maka akan berdampak pada :

  • Kesehatan lingkungan baik
  • Para warga yang tinggal menjadi lebih betah
  • Tata letak dari lingkungan menjadi lebih mudah dan juga tidak ruwet
  • Lingkungan menjadi lebih asri.
  1. Kualitas udara yang lebih baik

Manfaat kedua dari lingkungan bersih adalah meningkatkan kualitas udara yang baik. Biasanya, manfaat udara pada lingkungan yang bersih memiliki beberapa indikator penting. Berikut ini adalah beberapa indikator yang dapat dikategorikan lingkungan yang bersih :

  • Polusi dan juga asap yang sedikit dan rendah
  • Tumpukan sampah yang terorganisir dengan baik, sehingga tidak mengganggu
  • Sungai dan juga saluran pembuangan air yang bersih

Nah, sekarang bayangkan ketiga elemen tersebut apabila tidak bersih. Sudah dapat terbayang bukan? Hal ini akan menyebabkan lingkungan menjadi bau dan dapat menyebabkan sesak nafas, karena polusi udara. Maka dari itu dengan adanya lingkungan yang bersih, hal ini dapat menyebabkan kualitas udara dari suatu lingkungan akan terjaga dengan sangat baik. Hal ini dapat mengurangi resiko penurunan kualitas udara.

  1. Lingkungan yang jauh dari berbagai macam penyakit

Manfaat lingkungan yang bersih adalah dapat menghindarkan atau paling tidak dapat mengurangi resiko penyebaran berbagai macam penyakit. Sekali, bayangkan apabila sampah menumpuk tanpa dibersihkan, pastinya akan sangat kotor dan menimbulkan banyak sekali lalat. Lalat merupakan salah satu hewan pembawa penyakit. Ketika anda tinggal pada lingkungan yang tidak dan juga kurang bersih, hal ini akan menyebabkan meningkatnya persebaran penyakit, seperti demam, diare, disentri, penyakit pernapasan, dan jua penyakit lainnya.

Manfaat hidup bersih dapat mencegah dan meminimalisir persebaran penyakit pada lingkungan, pembersihan terhadap lingkungan haruslah digalakkan. Agar lingkungan selalu bersih dan dapat meminimalisir segala macam bentuk penyakit.

  1. Kepuasaan tersendiri bagi warga lingkungan tersebut

Lingkungan yang bersih juga memberikan kepuasan tersendiri bagi warga lingkungannya. Dengan berhasil mempertahankan kebersihan lingkungan dan juga membuat lingkungan menjadi lebih bersih. Maka warga yang sudah berhasil tersebut tentunya akan merasa puas. Apalagi setelah melihat lingkungan tempat tinggalnya menjadi sangat bersih dan juga enak untuk dipandang.

  1. Kesehatan lingkungan yang tejaga dengan baik

Faktor kesehatan atau kebersihan pun pastinya akan terjaga apabila lingkungan tempat tinggal selalu dijaga kebersihannya. Hal ini, selain berhubungan dengan bertambah kecilnya resiko persebaran penyakit, juga berhubungan erat dengan kualitas hidup. Dengan higienitas dan juga kesehatan yang terjaga dengan baik, maka hampir pasti kualitas hidup dan juga kesehatan. Warga yang tinggal dalam lingkungan bersih tersebut pun pastinya akan selalu terjaga dengan sangat baik.

Sumber : Manfaat Lingkungan Sehatl