Apa itu istilah endoskopi dalam kedokteran?

Dalam istilah kedokteran terdapat endoskopi. Apakah endoskopi itu dan manfaatnya di bidang internis?

image

Istilah endoskopi semakin banyak dikenal masyarakat. Banyak jenis endoskopi yang dapat dimanfaatkan untuk pemeriksaan kesehatan dan mengenali kondisi tertentu.
Endoskopi adalah prosedur yang dilakukan untuk melihat organ internal dan pembuluh darah dengan menggunakan peralatan khusus yang dimasukkan ke dalam tubuh.

Pemeriksaan Organ
Pemeriksaan endoskopi diperlukan ketika dokter memperkirakan adanya infeksi, kerusakan, ataupun kanker pada organ atau bagian tubuh tertentu. Selain pemeriksaan, endoskopi juga dapat dilakukan untuk tindakan bedah tertentu, seperti mengangkat usus buntu atau empedu pada laparoskopi.

Pelaksanaan Prosedur
Berbeda dengan prosedur yang menggunakan pencitraan atau gambar, endoskopi menggunakan alat endoskop yang dimasukkan langsung ke dalam tubuh. Tepatnya, endoskop akan diarahkan ke rongga atau lubang pada organ tertentu untuk mengetahui kondisinya.

Mempertimbangkan Risiko
Umumnya endoskopi tergolong aman dengan risiko komplikasi yang sangat rendah. Risiko tersebut sangat tergantung dengan kondisi pasien serta lokasi organ tubuh yang dilakukan endoskopi. Risiko endoskopi tergolong ringan dibandingkan dengan pembedahan.