Apa itu Insulin Suntik dan bagaimana cara penggunaanya?


Mereka yang tidak memiliki kadar insulin yang cukup atau insulin tidak bekerja efektif akan membutuhkan perawatan dengan insulin buatan untuk mengontrol kadar gula dalam darahnya, karena kadar gula yang terkontrol akan mengurangi risiko penderita terkena komplikasi diabetes. Apakah Insulin Suntik ini solusinya dan bagaimana cara menggunakanya?

Insulin suntik adalah untuk mengetahui/menyembuhkan diabetes.

Cara menyuntikkan insulin
Kualitas insulin yang Anda suntikkan sangat penting. Jika didinginkan, tunggu sampai insulin mencapai suhu kamar. Jika insulin keruh, campur isinya dengan memutar vial di antara tangan Anda selama beberapa detik. Pastikan untuk tidak mengguncang botol, dan tidak menggunakan insulin yang telah kasar, menebal, atau berubah warna.

Ikuti langkah-langkah menyuntikkan insulin yang aman dan tepat:

Langkah 1
Cuci tangan Anda secara menyeluruh.

Langkah 2
Usap tempat suntikan dengan alkohol.

Langkah 3
Pegang jarum suntik dengan tegak lurus (jarum di atas) dan tarik plunger ke bawah sampai ujung plunger mencapai ukuran yang sama dengan dosis yang akan Anda suntikkan.

Langkah 4
Lepaskan tutup dari botol insulin dan jarum. Jika Anda telah menggunakan botol ini sebelumnya, bersihkan sumbat di bagian atas dengan kapas alkohol.

Langkah 5
Dorong jarum ke sumbat dan dorong plunger ke bawah. Udara akan menggantikan jumlah insulin yang akan Anda ambil.

Langkah 6
Jaga jarum dalam botol, putar sampai terbalik. Tarik plunger ke bawah sampai ujung hitam plunger mencapai dosis yang tepat pada jarum suntik.

Langkah 7
Jika ada gelembung di alat suntik, tepuk dengan lembut, dan gelembung akan naik ke atas. Dorong jarum suntik untuk melepaskan gelembung kembali ke dalam botol. Tarik plunger turun lagi sampai Anda mencapai dosis yang benar.

Langkah 8
Tempatkan botol insulin ke bawah dan tahan jarum suntik seperti yang Anda lakukan dengan pena.

Langkah 9
Untuk menghindari suntikan ke dalam otot, dengan lembut “cubit” bagian kulit 1-2 inci sebelum memasukkan jarum. Segera lepaskan kulit yang dijepit setelah Anda mendorong plunger ke bawah. Dengan jarum kecil, proses mencubit ini mungkin tidak diperlukan.

Langkah 10
Masukkan jarum pada sudut 90 derajat. Dorong plunger seluruhnya ke bawah dan tunggu selama 10 detik sebelum melepaskan jarum.