Apa itu infeksi Haemoproteus dan bagaimana cara penularannya?

Infeksi Haemoproteus adalah suatu penyakit asal protozoa yang di temukan pada kalkun, burung dara, burung puyuh, dan berbagai jenis burung dari spesies psittacine.

Infeksi Haemoproteus adalah suatu penyakit asal protozoa yang di temukan pada kalkun, burung dara, burung puyuh, dan berbagai jenis burung dari spesies psittacine. Penyakit tersebut tersifat oleh adanya stadium skisogoni (merogoni) di dalam sel endotel organ viseral dan gametogoni di dalam eritrosit yang bersirkulasi dan pembentukan pigmen (dalam granul) dalam eritrosit yang terinfeksi.

Haemoproteus sp. bersifat spesifik untuk hospes primer dan dapat ditularkan melalui berbagai jenis hospes perantara, yaitu insekta penghisap darah yang termasuk famili Hippoboscidae dan Ceratopogonidae. Hospes perantara untuk Haemoproteus columbae adalah Pseudolynchia canariensis Haemoproteus nettionis adalah Culicoides, dan Haemoproteus meleagridis adalah Culicoides edeni, Culicoides hinmani, Culicoides arboricoli Culi coides knowl toni dan Culicoides haemoproteus.

1 Like